Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Saturday, September 1, 2018

Inilah Khutbah Terakhir Iblis

Khutbah Terakhir Iblis
Pada hari kiamat nanti, ketika Allah Ta’ala sudah memberi keputusan kepada para hamba-Nya; orang-orang yang beriman masuk ke dalam surga, sedangkan orang-orang kafir  masuk ke dalam neraka. Saat itulah Iblis bangkit berdiri, kemudian berkhotbah kepada para pengikutnya, sebuah khotbah yang semakin menambah kesedihan, dan penyesalan para pengikutnya.

Iblis berkata,

《 إِنَّ الله  وَعَدَكُمْ وَعْدَ الحَقِّ وَ وَعَدْتُكُمْ فَأَخْلَفْتُكُمْ 》

"Sesungguhnya Allah telah menjanjikan kepada kalian dengan janji yang benar dan aku juga menjanjikan kepada kalian namun aku menyalahinya"

Allah memberi janji melalui lisan para rasul-Nya, Dia menjanjikan kesuksesan dan keselamatan itu ada pada mengikuti mereka (para rasul), dan itu adalah janji yang benar dan berita yang jujur. Sedangkan saya menjanjikan kepada kalian namun aku menyalahinya.

《 وَ مَا كَانَ لِيَ عَلَيكُمْ مِنْ سُلْطَانً إِلَّا أَنْ دَعَيْتُكُمْ فَاسْتَجَبْتُمْ لِي 》

"Tidak ada kekuasaan bagiku terhadap kalian melainkan aku mengajak kalian kemudian kalian memenuhi ajakanku"

Pada apa yang aku ajak kalian kepadanya, tidaklah aku  memiliki dalil dan hujjah yang membenarkan apa yang aku janjikan kepada kalian, melainkan  aku mengajak kalian kemudian kalian mau memenuhinya, hanya sebatas itu. Adapun ini (janji Allah), para rasul telah menegakkan hujjah-hujjahnya dan (mendatangkan) dalil-dalilnya yang shahih yang membenarkan apa yang mereka datang kepada kalian dengannya, namun kalian menyalahinya sehingga jadilah kalian berada di tempat kalian sekarang ini.

فَلَا تَلُومُونِي وَ لُومُوا أَنْفُسَكُمْ

"Oleh sebab itu, janganlah kalian mencercaku, namun cercalah diri kalian sendiri"

Janganlah kalian mencercaku hari ini! Namun cercalah diri kalian sendiri, karena sesungguhnya dosanya itu dosa kalian sendiri. Karena kalian menyalahi hujjah, kemudian kalian malah mengikuti aku yang hanya mengajak kalian kepada kebathilan.

《 مَا أَنَا بِمُصْرِخِكُمْ وَ مَا أَنْتُمْ بِمُصْرِخِيَّ 》

"Aku tidak dapat menolong kalian, kalian juga tidak dapat menolongku"

Aku tidaklah memberi manfaat kepada kalian sehingga aku bisa menyelamatkan dan membebaskan kalian dari apa yang kalian berada padanya sekarang, dan kalian juga tidak bisa memberi manfaat kepadaku sehingga kalian menyelamatkanku dari apa yang aku berada padanya berupa adzab dan siksaan.

《 إِنِّي كَفَرْتُ بِمَا أَشْرَكْتُمُونِ مِنْ قَبْلُ 》

"Sesungguhnya aku tidak membenarkan perbuatan kalian mempersekutukanku [dengan Allah] sejak dahulu"

Lihat Tafsir Ibnu Katsir. Surat Ibrahim, ayat 22

Oleh: Syabab Anwarussunah

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.

Share:

Popular Posts

Blog Archive