Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Sunday, September 2, 2018

Tentang Nasib Manusia Di Akhirat

Tentang Nasib Manusia Di Akhirat
Antara Jannah dan Api Neraka, Mau pilih yang mana?

Dari shahabat Ali bin Abi Tholib rodhiyallahu ‘anhu , bahwasanya Rasulullah shollallahu 'alaihi wasallam pernah bersabda:

«مَا مِنْكُمْ مِنْ أَحَدٍ إِلَّا وَقَدْ كُتِبَ مَقْعَدُهُ مِنَ النَّارِ، وَمَقْعَدُهُ مِنَ الجَنَّةِ

Tak seorangpun diantara kalian kecuali telah ditetapkan (takdirnya) tempat duduknya di neraka dan (atau) tempat duduknya di jannah.”

قَالُوا: يَا رَسُولَ اللَّهِ، أَفَلاَ نَتَّكِلُ عَلَى كِتَابِنَا وَنَدَعُ العَمَلَ؟

Para shahabat bertanya:  “Wahai Rasulullah, bolehkah kita pasrah dengan catatan (takdir) kita, kemudian meninggalkan (usaha) beramal sholeh?

Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam menjawab:

«اعْمَلُوا فَكُلٌّ مُيَسَّرٌ لِمَا خُلِقَ لَهُ، أَمَّا مَنْ كَانَ مِنْ أَهْلِ السَّعَادَةِ فَيُيَسَّرُ لِعَمَلِ أَهْلِ السَّعَادَةِ، وَأَمَّا مَنْ كَانَ مِنْ أَهْلِ الشَّقَاءِ فَيُيَسَّرُ لِعَمَلِ أَهْلِ الشَّقَاوَةِ»

Beramallah kalian, sebab setiap orang akan dimudahkan melakukan apa yang telah ditakdirkan untuknya. Orang yang takdirnya termasuk golongan bahagia , ia akan dimudahkan melakukan amalan golongan yang bahagia. Adapun orang yang takdirnya termasuk golongan sengsara, ia akan dimudahkan melakukan amalan golongan yang sengsara.” [  HR. Al-Bukhori no.4949, Muslim no.2647-(6) ] - Derajat Hadits : Shohih.

Hendaklah kita terus berusaha dengan beramal sholeh, meraih pilihan kita menjadi golongan yang bahagia. Itulah nasehat Nabi kita Muhammad shollallahu ‘alaihi wasallam. Jangan pernah berhenti walaupun jatuh bangun.

Wallahul Muwaffiq

===============================

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.

Share:

Popular Posts

Blog Archive