Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Monday, September 10, 2018

Hukum Seputar Mengusap Wajah Setelah Berdo'a

Hukum Seputar Mengusap Wajah Setelah Berdo'a
Apakah dikatakan kepada orang yang mengangkat kedua tangannya di dalam berdoa kemudian ia mengusap wajahnya dengan keduanya bahwa pengusapan ini adalah bid'ah atau menyelisihi sunnah ? Apa keshahihan hadits yang menyebutkan  tentang hal ini?

Jawab:

"Hadits-hadits yang menyebutkan tentang mengusap wajah setelah berdoa tidak bisa menjadi hujjah (argumen), jika demikian maka ia termasuk bid'ah".

Sumber:  http://miraath.net/quesdownload.php?id=2826

------

Mengusap Wajah Setelah Berdo'a

Fatawa Al-Lajnah Ad-Daimah

"Apabila do'a itu adalah ibadah yang disyariatkan, dalam keadaan tidak ada (dalil) yang tetap dalam masalah mengusap wajah dengan kedua telapak tangan setelahnya, baik dalil sunnah ucapan (Nabi ) ataupun perbuatan, bahkan diriwayatkan hal itu dari jalan-jalan yang lemah, maka mengusap wajah dengan kedua telapak tangan setelah berdoa itu tidak disyariatkan."

Fatwa Al-Lajnah Ad-Daimah -Al-Majmuah Al-Uula 4/445 | Channel Syaikh Fawwaz al-Madkhali hafizhahullah.

------

Bid'ahnya Mengusap Wajah Setelah Berdo'a

Hal tersebut tidak jarang kita jumpai pada kaum muslimin, mungkin mereka belum mengerti tuntunan Nabi dalam berdo'a. Lalu bagaimana bimbingan Nabi صلى الله عليه و سلم dalam permasalahan ini? Simak ucapan-ucapan 'Ulama berikut:

Syaikh Al-Albany رحمة الله عليه mengatakan,

"Adapun mengusap wajah dengan kedua tangan (setelah berdo'a) maka tidak ada tempat padanya, perbuatan tersebut digolongkan suatu yang bid'ah (tidak ada tuntunannya)."

Demikian pula setelah sholat juga tidak ada hadits yang shahih padanya.

Riwayat tentang hal tersebut adalah dhaif (lemah), bahkan sebagiannya lebih dhaif dari yang lain. Hal ini sebagaimana yang beliau tegaskan di dalam 'Dhaif Abu Dawud, hadits no 262' dan juga di dalam Al-Ahadits Ash-Shahihah, hadts no 597'.

Al-'Izz bin Abdissalam رحمه الله mengomentari dalam fatwa beliau,

"Tidaklah seseorang mengusap wajahnya dengan kedua tangannya setelah berdo'a kecuali seoarang yang jahil." (Sumber: Shifat Shalat Nabi صلى الله عليه و سلم 141, dengan sedikit penyesuaian)

Berkata Al-Baihaqy رحمه الله di dalam sunannya (2/212)

Adapun mengusap wajah dengan kedua tangan ketika selesai dari berdo'a aku tidak hafal (tidak mengetahui) dari para salaf (pendahulu ummat) seorangpun."

Asy Syaikh Al allamah Ubaid bin Abdillah Al jabiri حفظه الله

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.

Share:

Popular Posts

Blog Archive