Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Friday, October 12, 2018

Jama' Sholat 'Isya dan Maghrib

Jama' Sholat 'Isya dan Maghrib
Saya menjama’ takhir sholat Maghrib dengan ‘Isya ketika sedang safar. Tetapi ketika saya sampai di lokasi tujuan, ternyata sudah masuk waktu ‘Isya dan iqamah sudah dikumandangkan. Pertanyaan saya :

Apakah saya harus sholat ‘Isya berjama’ah dahulu atau sholat Maghrib dahulu, baru kemudian sholat ‘Isya?

Apakah boleh sholat ‘Isya berjama’ah, tetapi dengan niat sholat Maghrib. Mohon dijelaskan tehnisnya.

Jawaban.

Perlu diketahui, tertib dalam melakukan sholat ialah melakukan sholat Dhuhur kemudian ‘Ashar, atau Maghrib kemudian ‘Isya, adalah syarat dalam jama’, sebagaimana dijelaskan Syaikh Ibnu ‘Utsaimin dalam Syarhul Mumti’, 4/871. Beliau rahimahullah mengatakan, disyaratkan tertib dengan memulai yang pertama kemudian yang kedua, karena Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

صَلُّوا كَمَا رَأَيْتُمُونِي أُصَلِّي

"Sholatlah kalian sebagaimana kalian melihatku sholat". (HR al Bukhari. Juga karena syari’at menjelaskan tertib waktu-waktu sholat, sehingga sholat, wajib dilakukan pada waktu yang telah disusun pembuat syari’at).

Kemudian Syaikh Ibnu ‘Utsaimin memberikan contoh. Seseorang berniat jama’ ta’khir, kemudian masuk masjid dan mendapati orang-orang sholat ‘Isya, lalu ia masuk ikut mereka (berjama’ah) dengan niat sholat Isya’. Dan ketika selesai sholat ‘Isya, ia sholat Maghrib. Maka kami katakan, sholat ‘Isya’nya tidak sah, karena ia mendahulukan dari Maghrib dan tertib itu adalah syarat. Sehingga ia mengulangi lagi sholat ‘Isyanya lagi, sedangkan sholat Maghribnya sah. Pengertian tidak sah disini adalah, tidak sah sebagai sholat fardhu yang menghilangkan kewajiban, namun ia menjadi sholat sunnah yang diberi pahala.[1]

Berkenaan dengan  pertanyaan tersebut, kami bawakan pula fatwa Lajnah ad Da’imah lil Buhuts al ‘Ilmiyah wal Ifta`, Saudia Arabia, no. fatwa 425 yang berbunyi:

Barangsiapa yang mendapatkan keringanan safar, maka diperbolehkan menjama’ sholat ‘Ashar dengan Dhuhur, baik jama’ taqdim (di waktu Dhuhur) atau jama’ ta’khir (di waktu ‘Ashar), dan menjama’ sholat Maghrib dan ‘Isya dengan jama’ taqdim (di waktu Maghrib) atau jama’ ta’khir (di waktu ‘Isya) sesuai dengan kemaslahatan musafir tersebut. Namun dalam jama’ tersebut diwajibkan tertib. Dia sholat Dhuhur dulu kemudian sholat ‘Ashar, dan sholat Maghrib dahulu baru sholat ‘Isya, baik dilakukan dalam jama’ taqdim maupun ta’khir. [2]

Fatwa Lajnah Da’imah no. 12014 berbunyi:

Wajib bagi orang yang mengakhirkan sholat Maghrib ke sholat ‘Isya dalam safar (bepergian), untuk memulainya dengan sholat Maghrib terlebih dahulu. Apabila ia masuk bersama orang yang sholat ‘Isya dan berniat sholat Maghrib, kemudian duduk pada raka’at ketiga, maka sholatnya sah. [3]

Dari fatwa-fatwa di atas menjadi jelas, bila kita ingin menjama’ sholat Maghrib dan ‘Isya pada waktu ‘Isya, maka wajib mendahulukan sholat Maghrib walaupun mendapati jama’ah sholat ‘Isya. Apabila didahulukan sholat ‘Isyanya, maka dianggap belum menunaikan sholat ‘Isya, sehingga mengulangi sholat ‘Isya lagi setelah melaksanakan sholat Maghrib.

Jadi, bila Anda berniat sholat Maghrib di belakang imam sholat ‘Isya, maka boleh duduk pada rakaat ketiga, sambil menunggu imam selesai sholat, dan salam setelah imam salam.

Wallahu a’lam.

Disalin dari majalah As-Sunnah Edisi 7-8/Tahun X/1427H/2006M.

Catatan kaki :
[1] Syarhul Mumti’, 4/572.
[2] Fatawa Lajnah Daimah, 8/138-139.
[3] Fatwa Lajnah Daimah, 8/139.

===============================

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.

Share:

Popular Posts

Blog Archive