Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Wednesday, December 12, 2018

Do'a Malam Pertama

Do'a Malam Pertama
Assalamu’alaikum. Sebentar lagi saya ingin menikah, tapi saya belum tau do'a sebelum melakukan malam pertama? Mohon bantuan supaya pernikahan saya diridhai oleh Allah. Terimakasih.

Dari: Agung S

Jawaban:

Wa’alaikumussalam

Do'a Malam Pertama

Ketika bertemu pertama kali setelah akad nikah, dianjurkan bagi suami untuk menDo'akan istrinya. Caranya: suami meletakkan tangan kanannya di ubun-ubun istrinya –pastikan tidak ada orang ketiga– kemudian membaca tiga hal:

๐Ÿ”ฐ Basmalah

๐Ÿ”ฐ MenDo'akan keberkahan, misalnya:

‎ุงู„ู„َّู‡ُู…َّ ุจَุงุฑِูƒْ ู„ِูŠْ ูِูŠْู‡ุง، ูˆَุจَุงุฑِูƒْ ู„َู‡َุง ูِูŠَّ

Allahumma barikly fiyha wa barik laha fiy

“Ya Allah berkahilah dia untukku, dan berkahilah aku untuknya.”

๐Ÿ”ฐ membaca Do'a:

‎ุงู„ู„َّู‡ُู…َّ ุฅِู†ِّูŠ ุฃَุณْุฃَู„ُูƒَ ุฎَูŠْุฑَู‡َุง ูˆَุฎَูŠْุฑَ ู…َุง ุฌَุจَู„ْุชَู‡َุง ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุฃَุนُูˆุฐُ ุจِูƒَ ู…ِู†ْ ุดَุฑِّู‡َุง ูˆَู…ِู†ْ ุดَุฑِّ ู…َุง ุฌَุจَู„ْุชَู‡َุง ุนَู„َูŠْู‡ِ

Allahumma inni as-aluka khaira-ha wa khaira ma jabaltaha ‘alaihi wa a-‘udzu bika min syarriha wa min syarri ma jabaltaha ‘alaihi

Ya Allah, aku memohon kebaikannya dan kebaikan tabiat yang ia bawa. Dan aku berlindung dari kejelekannya dan kejelekan tabiat yang ia bawa.

Keterangan di atas berdasarkan hadis dari Abdullah bin Amr bin ‘Ash, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

‎ุฅุฐุง ุชุฒูˆุฌ ุฃุญุฏูƒู… ุงู…ุฑุฃุฉ ุฃูˆ ุงุดุชุฑู‰ ุฎุงุฏู…ุง ูู„ูŠุฃุฎุฐ ุจู†ุงุตูŠุชู‡ุง ูˆู„ูŠุณู… ุงู„ู„ู‡ ุนุฒ ูˆุฌู„ ูˆู„ูŠุฏุน ุจุงู„ุจุฑูƒุฉ ูˆู„ูŠู‚ู„: ุงู„ู„ู‡ู… ุฅู†ูŠ ุฃุณุฃู„ูƒ ู…ู† ุฎูŠุฑู‡ุง

“Apabila kalian menikahi seorang wanita, maka peganglah ubun-ubunnya, sebutlah nama Allah, dan Do'akanlah memohon keberkahan, serta ucapkan: Allahumma inni as-aluka…. dst.” (HR. Bukhari dalam Af’al al-Ibad Hal. 77, Abu Daud 1:336, Ibn Majah 1:592, Hakim 1:185, dan dihasankan Al-Albani)

๐Ÿ‘ค Dijawab oleh Ustadz Ammi Nur Baits (Dewan Pembina Konsultasi Syariah)

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.

Share:

Popular Posts

Blog Archive