Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Sunday, March 17, 2019

Pergi Haji Dulu, Baru Zakat?

Pergi Haji Dulu, Baru Zakat?
Assalamu’alaikum Ustad…dalam dunia kehidupan masarakat kita sekarang, kok banyak yg lebih mengutamakan pergi haji dulu baru berzakat…sedangkan dalam hukum islam pergi haji….jikalau mampu, jadi yg mana lebih afdhol? HARAP MAKLUM.

Dari: Sahar

Jawaban:

Waalaikum salam warohmatulloh…

Yang pertama harus dikerjakan adalah zakat, sebagaimana diterangkan dalam sabda Nabi kepada Sahabat Mu’adz ketika diutus ke Negeri Yaman:

إِنَّكَ سَتَأْتِي قَوْمًا مِنْ أَهْلِ الْكِتَابِ فَإِذَا جِئْتَهُمْ فَادْعُهُمْ إِلَى أَنْ يَشْهَدُوا أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ فَإِنْ هُمْ طَاعُوا لَكَ بِذَلِكَ فَأَخْبِرْهُمْ أَنَّ اللَّهَ قَدْ فَرَضَ عَلَيْهِمْ خَمْسَ صَلَوَاتٍ فِي كُلِّ يَوْمٍ وَلَيْلَةٍ فَإِنْ هُمْ طَاعُوا لَكَ بِذَلِكَ فَأَخْبِرْهُمْ أَنَّ اللَّهَ قَدْ فَرَضَ عَلَيْهِمْ صَدَقَةً تُؤْخَذُ مِنْ أَغْنِيَائِهِمْ فَتُرَدُّ عَلَى فُقَرَائِهِمْ

Sungguh engkau akan mendatangi kaum ahli kitab, jika kamu mendatangi mereka, maka:

Ajaklah mereka agar bersaksi bahwa tiada Ilah yang berhak disembah kecuali Alloh, dan Muhammada adalah utusan Alloh.

Jika mereka mau dengan ajakanmu itu, maka beritahulah mereka, bahwa Alloh mewajibkan mereka sholat lima waktu setiap harinya.

Jika mereka mau dengan ajakanmu itu, maka beritahulah mereka, bahwa Alloh mewajibkan mereka Zakat, yang diambil dari mereka yang kaya, untuk diberikan kepada mereka yang miskin. (HR. Bukhari dan Muslim)

👤 Dijawab oleh Ustadz Abu Abdillah Addariny, MA

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.

Share:

Popular Posts

Blog Archive