Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Sunday, June 2, 2019

Tips Mengambil Uang di ATM Arab Saudi

Tips Mengambil Uang di ATM Arab Saudi
1. Baca Basmallah.

2. Pastikan Saldo uang kita cukup untuk penarikan tunai.

3. Cocokkan logo jaringan internasional pada kartu ATM kita dengan logo jaringan Internasional di ATM, seperti Visa, Visa Electron, Master Card, Maestro, Cirrus, Plus, Alto dll. Logo harus cocok, kalau tidak cocok kartu kita akan ditolak.

4. Masukkan kartu, tunggu beberapa saat maka akan muncul menu pilihan bahasa, pencet tombol ke bahasa Inggris.

5. Selanjutnya ketik nomor PIN, maka akan muncul menu transaksi. pilih cash withdrawal

6. Selanjutnya ada pilihan jumlah riyal yang akan kita ambil. Berbeda dengan di Indonesia yang hanya memiliki satu jenis pecahan mata uang rupiah di satu mesin ATM, jumlah pilihan penarikan yang diberikan oleh Bank di Saudi terdiri dari pilihan 50, 100, 500, 1000, 1500, 2000, dan 5000 Riyal. Dan pilihan other amount jika jamaah ingin melakukan penarikan dalam jumlah yang berbeda, mata uang yang diberikan pun beragam dimulai dari pecahan 20, 50, 100, 200 dan 500 riyal dalam satu mesin ATM.

7. Bila mau melakukan penarikan dalam jumlah besar, maka harus disesuaikan dengan maksimal penarikan sehari melalui ATM di Indonesia. Rata-rata penarikan maksimal per hari adalah 5 juta rupiah, kurskan dengan riyal, maka didapatkan angka kurang lebih 1500 riyal. Pilih 1500 riyal.

8. Bila transaksi berhasil maka uang akan keluar dengan pecahan yang berbeda, namun jumlahnya tetap 1500 riyal. Kita akan mendapatkan struk bukti transaksi dengan catatan sisa saldo dalam angka riyal.

9. Setiap penarikan tunai akan dikenakan biaya administrasi, rata-rata bank di Indonesia akan menarik biaya Rp 25.000,00 per transaksi. Jadi, untuk berhemat, lebih baik melakukan sekali transaksi dengan jumlah yang banyak.

10. Ambil uang kita, jangan lupa ucapkan alhamdulillah.

CATATAN: Jangan sekali-kali memilih menu informasi saldo, karena akan ada potongan biaya yang besar setiap kali transaksi.

Baca Selengkapnya: https://newzizzahaz.wordpress.com/2016/09/09/tips-mengambil-uang-di-atm-arab-saudi/

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.

Share:

Popular Posts

Blog Archive