Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Tuesday, May 30, 2023

Kisah Imam Ahmad Memilih Imam Syafii Sebagai Gurunya

Kisah Imam Ahmad Memilih Imam Syafii Sebagai Gurunya
Bismillah...

Sewaktu Imam Ahmad bin Hanbal menunaikan ibadah Haji, beliau menginap di salah satu rumah di kota Makkah. 

Di pagi hari pada hari kedua, Imam Ahmad bergegas menuju ke Masjid Al Haram. Sahabat beliau yang bernama Al Fadhel Al Bazzaz (atau Al Bazzar) berusaha mengikutinya. Seusai shalat subuh, ia berusaha mencari Imam Ahmad dengan mendatangai majlis para ulama; yang ada di majlis satu demi satu ia datangi namun ia tidak menemukan Imam Ahmad bin Hambal. 

Akhirnya ia menemukan Imam Ahmed bin Hanbal sedang menghadiri majlis dengan seorang pemuda arab. Iapun segera mengikut majlis tersebut dan berusaha mendekati Imam Ahmad bin Hambal.. 

Ia bertanya kepada Imam Ahmad: Wahai Abu Abdillah, engkau duduk di sini dan meninggalkan majlis Sufyan bin Uyainah, padahal ia memiliki riwayat dari Az Zuhri, Amer bin Dinar, Ziyad Ibn Ulaqah, dan banyak tabiin lainnya.? 

Imam Ahmad menjawab: Diamlah, bila engkau tidak mendapatkan hadits melalui jalur yang tinggi (pendek), maka engkau bisa mendapatkannya melalui jalur sanad yang lebih rendah (panjang), dan itu tidak merusak agamamu, atau akal pikiran dan pemahamanmu. 

Namun bila kehilangan kecerdasan pemuda ini, aku kawatir engkau tidak menemukannya lagi hingga hari qiyamat. 

Aku belum pernah melihat orang yang lebih memahami (lua pemahamannya tentang ) Kitab Allah daripada pemuda Qurasy ini.

Al Fadhel Al Bazzaz bertanya: siapakah pemuda ini ? Dia adalah Muhammad bin Idris As Syafii. 

Tua umur belum tentu tua ilmu, besar fisik belum tentu besar ilmu.

Imam Ahmad memilih untuk duduk bermajlis kepada Imam Syafii dan meninggalkan majlis Sufyan bin Uyainah padahal beliau adalah salah satu guru senior Imam Syafii, dan ternyata alasannya ialah kematangan ilmu dan kecerdasan analisa yang dimiliki oleh Imam Syafii alasannya.


https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid0qQBkmhVzjQPmy5gxP2ykCQDqb9yDzvFT48ZLJy6LybQJipLVCX9kdo6Cr7Ah626bl&id=100044302190144


Kawan. Yuk daftarkan diri Anda di kampus satu ini; https://pmb.stdiis.ac.id/ selagi kesempatan hanya tersisa 3 hari lagi.

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive