Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Thursday, June 22, 2023

Faidah Dzulhijjah (Bagian 4/10)

Faidah Dzulhijjah (Bagian 4/10)
Bismillah...

10 HARI AWAL DZULHIJJAH

📜 FAIDAH ke-11

Diantara keutamaan 10 hari pertama bulan Dzulhijjah adalah, di dalamnya ada hari ‘Arafah, dimana pada hari inilah Allah ﷻ menyempurnakan agama-Nya dan mencukupkan nikmat-Nya kepada kaum muslimin, sebagaimana dalam firman-Nya,

اَلْيَوْمَ اَكْمَلْتُ لَـكُمْ دِيْنَكُمْ وَاَ تْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِيْ وَرَضِيْتُ لَـكُمُ الْاِسْلَامَ دِيْنًا

"Pada hari ini telah Aku sempurnakan untukmu agamamu dan telah Aku cukupkan nikmat-Ku bagimu dan telah Aku ridhai Islam sebagai agamamu."

(QS. Al-Ma`idah: 3)

📜 FAIDAH ke-12

Diantara keutamaan 10 hari pertama bulan Dzulhijjah adalah, di dalamnya ada hari Nahar (Penyembelihan) dan hari al-Haj al-Akbar (Haji Besar), yaitu hari yang paling agung di sisi Allah ﷻ, sebagaimana disebutkan di dalam hadits Nabi ﷺ,

إِنَّ أَعْظَمَ الأَيَّامِ عِنْدَ اللّە تَبَارَكَ وَتَعَالىَ :

ِّيَوْمُ النَّحْرِ، ثُمَّ يَوْمُ الْقَرِّ

"Sesungguhnya, hari-hari yang paling agung di sisi Allah adalah hari Nahar dan hari Qorr. (Hari Qorr/menetap adalah hari setelah hari Nahar/penyembelihan). Dikatakan hari Qorr karena manusia saat itu yaqirruna fihi (menetap di dalamnya) saat di Mina, selepas mereka selesai thowaf dan penyembelihan lalu mereka beristirahat)."

(HR. Abu Dawud (1765) dan dishahihkan oleh Syaikh al-Bani) 

📜 FAIDAH ke-13

Beramal shalih di 10 hari pertama bulan Dzulhijjah ini lebih utama daripada hari-hari lainnya, karena kemuliaan waktunya dipandang dari sisi penduduk Madinah, dan  kemuliaan waktu dan tempatnya ditinjau dari jamaah haji di Baitullah al-Haram (Rumah Allah yang suci).

📜 FAIDAH ke-14

Para ulama salaf yang shalih semoga Allah merahmati mereka, pada 10 hari awal Dzulhijjah ini begitu sangat bersemangat dan bersungguh-sungguh melakukan berbagai amal ketaatan. Mereka memuliakan momen ini dengan penghormatan yang paling tinggi. 

👤 Sa’id bin Jubair rahimahullah saat memasuki 10 hari pertama Dzulhijjah, beliau sangat bersungguh-sungguh (beribadah) sampai-sampai beliau nyaris tidak mampu lagi (beribadah). Beliau sangat menghasung untuk beribadah pada malam 10 hari pertama Dzulhijjah dengan mengatakan, "Janganlah kalian mematikan obor-obor (lampu) rumah kalian saat 10 malam pertama Dzulhijjah."

👤 Abu ‘Utsman an-Nahdi rahimahullah berkata, "Para salaf dahulu sangat memuliakan tiga jenis 10 hari, yaitu 10 hari akhir Ramadhan, 10 hari awal Dzulhijjah dan 10 hari awal Muharam."


♻️ BERSAMBUNG إن شآء الله  


📖 Penyusun: Syaikh Muhammad bin Shalih al-Munajjid hafizhahullah


@abinyasalma

======🌴🌴🌴🌴🌴======

👥 WAG Al-Wasathiyah Wal-I'tidāl

✉ TG :  https://t.me/alwasathiyah

🌐 Blog : alwasathiyah.com

‌🇫 FB : fb.com/wasathiyah

📹 Youtube : http://bit.ly/abusalmatube

📷 IG : instagram.com/alwasathiyah

🔊 Mixlr : mixlr.com/abusalmamuhammad


📄 Sumber : E-book 44 Faidah (10 Hari Awal Dzulhijjah) 

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive