Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Sunday, July 30, 2023

Konsep Transfer Pahala Sebagai Ganti Kerugian di Akhirat

Konsep Transfer Pahala Sebagai Ganti Kerugian di Akhirat
Bismillah...

Sebagian orang bertanya tanya, emang ada praktek transfer pahala, atau nunggu transfer pahala dalam Islam?

Kawan! Simak dulu hadits berikut:

عن أبي هريرة رضي الله عنه أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: «أتدرون من المفلس؟» قالوا: المفلس فينا من لا دِرْهَمَ له ولا متاع، فقال: «إن المفلس من أمتي من يأتي يوم القيامة بصلاة وصيام وزكاة، ويأتي وقد شتم هذا، وَقَذَفَ هذا، وأكل مال هذا، وسَفَكَ دم هذا، وضرب هذا، فيعطى هذا من حسناته، وهذا من حسناته، فإن فنيت حسناته قبل أن يقضى ما عليه، أخذ من خطاياهم فطُرِحَتْ عليه، ثم طرح في النار».  

[صحيح] - [رواه مسلم]

Dari Abu Hurairah -raḍiyallāhu 'anhu-, bahwasanya Rasulullah -ṣallallāhu 'alaihi wa sallam- bersabda, “Tahukah kalian siapa orang yang bangkrut?” 

Para sahabat menjawab, “Orang yang bangkrut di tengah kami adalah orang yang tidak punya dirham dan kekayaan.” 

Beliau bersabda, “Sesungguhnya orang yang bangkrut dari umatku adalah orang yang datang pada hari kiamat dengan (pahala) salat, puasa dan zakat. Namun ia datang telah mencela si A, menuduh si B, memakan harta si Fulan, menumpahkan darah si fulan dan memukul si itu. 

Sebagai balasannya; korbannya yang ini diberi dari kebaikannya, yang itu juga diberi dari kebaikannya. Hingga jika semua kebaikannya telah habis, sedangkan dosanya belum habis, maka diambillah kesalahan-kesalahan (dosa orang yang dizaliminya), lalu dilimpahkan padanya, kemudian ia pun dilemparkan ke dalam neraka.” (HR Muslim) 

Aisyah radhiallahu anha mengomentari orang orang yang hobi memaki sahabat Nabi shallallahu alaihi wa sallam:

( لا تعجبون ! لا تعجبوا من هذا. هؤلاء قوم انقطعت أعمالهم بموتهم، فأحب الله أن يجري أجرهم بعد موتهم )

Engkau tidak perlu heran, jangan heran dengan kejadian ini. Mereka para sahabat Nabi shallallahu alaihi wa sallam adalah orang orang yang dengan kematian, terputuslah amal ibadah mereka, namun Allah ingin agar pahala mereka tetap terus mengalir walau mereka telah meninggal dunia.

Karena itu bila anda sadar diri telah merampas hak oranglain atau menzolimi nya, segeralah meminta maaf atau mengembalikan hak kepadanya.

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

من كانت له مظلمة لأحد من عرضه ، أو شيء فليتحلل منه اليوم قبل ألا يكون دينار ولا درهم ، إن كان له عمل صالح أخذ منه بقدر مظلمته ، وإن لم تكن له حسنات أخذ من سيئات صاحبه ، فحملت عليه

“Orang yang pernah menzholimi orang lain, baik dalam kehormatannya ataupun yang lainnya, hendaklah segera meminta maaf kepada orang tersebut sesegera mungkin, sebelum datang hari yang tidak ada lagi Dinar dan Dirham, sehingga kalau dia memiliki pahala amal kebaikan maka akan diambil sesuai dengan ukuran kedhalimannya; kalau dia tidak memiliki pahala amal kebaikan maka akan diambilkan dosa orang yang didhaliminya untuk dia tanggung.” [HR. Bukhari].

Semoga bermanfaat.


https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid0wa6s2ewWAcWbazqZdSjhM67x9GsG3nMS6ri6STJoMxhNaGWRVB329y4fjhyGcovgl&id=100044302190144

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive