Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Thursday, July 27, 2023

Mempelajari Akidah Sebelum Mempelajari Al-Qur'an

Mempelajari Akidah Sebelum Mempelajari Al-Qur'an
Bismillah...

Shahabat Nabi, Jundub bin Abdillah radhiyallahu 'anhu berkata,

كنا مع النبي ﷺ ونحن فتيان حزاورة فتعلمنا الإيمان قبل أن نتعلم القرآن ثم تعلمنا القرآن فازددنا به إيمانا

"Dahulu ketika kami masih sangat muda dan besar semangat kami MEMPELAJARI IMAN SEBELUM MEMPELAJARI AL-QUR'AN, setelah itu kami mempelajari Al-Qur'an sehingga bertambahlah keimanan kami kepada Al-Qur'an." 

(HR. Ibnu Majah 61)

Ibnu Umar radhiyallahu 'anhu juga berkata,

"Dahulu kami diberi pengajaran iman sebelum pengajaran Al-Qur'an sehingga turun ayat-ayat kepada Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam, kami pun mempelajari perkara halal dan haramnya, perintah dan larangannya, dan bagaimana yang harus dipahami darinya. 

Dan kemudian aku melihat beberapa orang yang diantara mereka diberikan kepadanya pengajaran Al-Qur'an sebelum pengajaran iman, maka dia membaca dari mulai pembukaan hingga penutupnya tanpa mengetahui perintah dan larangan yang terkandung didalamnya, juga bagaimana seharusnya dia memahami hal itu. 

Maka orang-orang yang tidak memahami Al-Qur'an dengan benar, keadaan mereka tak ubahnya seperti orang yang menabur kurma yang jelek (tidak mengambil faedah darinya)."

(Riwayat Al-Hakim "Al-Mustadrak" 1/35 dan Al-Baihaqi dengan sanad yang shahih)

Membaca ayat demi ayat penting, mempelajari tajwidnya juga penting, tapi yang jauh lebih penting lagi mentadabburi Al-Qur'an yaitu memahami kandungan ayat-ayatnya agar dapat mengambil pelajaran darinya dan beramal dengannya. 

Inilah yang menjadi tujuan utama diturunkannya Al-Qur'an dan itulah yang dimaksud Allah dalam firman-Nya,

ٱلَّذِينَ ءَاتَيْنَٰهُمُ ٱلْكِتَٰبَ يَتْلُونَهُۥ حَقَّ تِلَاوَتِهِۦٓ أُو۟لَٰٓئِكَ يُؤْمِنُونَ بِهِۦ ۗ وَمَن يَكْفُرْ بِهِۦ فَأُو۟لَٰٓئِكَ هُمُ ٱلْخَٰسِرُونَ

"Orang-orang yang telah Kami berikan Al Kitab kepadanya, mereka membacanya dengan bacaan yang sebenarnya, mereka itu beriman kepadanya. Dan barangsiapa yang ingkar kepadanya, maka mereka itulah orang-orang yang rugi." (QS. Al-Baqarah: 121)


https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid0HJqnkY41FMKGSjugxvJ1rBQ3e3X5mmVVzt5PmJZy8sf5fdtVeAsyRELreC2hLkLGl&id=100001764454087


https://t.me/manhajulhaq

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive