Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Wednesday, September 13, 2023

Keutamaan Sahabat Abdullah bin Mas'ud dan Ibunya رضي الله عنهما (Bag. 1)

Keutamaan Sahabat Abdullah bin Mas'ud dan Ibunya رضي الله عنهما (Bag. 1)
Bismillah...

عَنْ أَبِي الْأَحْوَصِ قَالَ كُنَّا فِي دَارِ أَبِي مُوسَى مَعَ نَفَرٍ مِنْ أَصْحَابِ عَبْدِ اللَّهِ وَهُمْ يَنْظُرُونَ فِي مُصْحَفٍ فَقَامَ عَبْدُ اللَّهِ فَقَالُ أَبُو مَسْعُودٍ مَا أَعْلَمُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ تَرَكَ بَعْدَهُ أَعْلَمَ بِمَا أَنْزَلَ اللَّهُ مِنْ هَذَا الْقَائِمِ فَقَالَ أَبُو مُوسَى أَمَا لَئِنْ قُلْتَ ذَاكَ لَقَدْ كَانَ يَشْهَدُ إِذَا غِبْنَا وَيُؤْذَنُ لَهُ إِذَا حُجِبْنَا 

Dari Abu Al Ahwash dia berkata, "Kami pernah berada di rumah Abu Musa beserta beberapa orang sahabat Abdullah bin Mas'ud. Ketika itu mereka sedang menelaah mushaf Al-Qur'an. Kemudian Abdullah bin Mas'ud berdiri".

Maka Abu Mas'ud berkata, "Sepengetahuan saya, Rasulullah ﷺ tidaklah meninggalkan orang yang lebih paham dan mengerti tentang Al-Qur'an daripada orang yang berdiri tadi setelah beliau wafat".

Abu Musa berkata, "Apa yang kamu katakan memang benar, Karena Abdullah bin Mas'ud selalu menyertai Rasulullah ﷺ ketika kita tidak turut serta. Selain itu, dia diizinkan masuk ke dalam rumah beliau ﷺ, ketika kita tidak diizinkan untuk masuk".

(HR. Imam Muslim no. 2462 Bab Keutamaan Abdullah bin Mas'ud dan ibunya rhadiyallahu  'anhuma, Syarh Shahih Muslim)

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive