Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Thursday, September 14, 2023

Keutamaan Sahabat Abdullah bin Mas'ud dan Ibunya رضي الله عنهما (Bag. 2)

Keutamaan Sahabat Abdullah bin Mas'ud dan Ibunya رضي الله عنهما (Bag. 2)
Bismillah...

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ وَالَّذِي لَا إِلَهَ غَيْرُهُ مَا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ سُورَةٌ إِلَّا أَنَا أَعْلَمُ حَيْثُ نَزَلَتْ وَمَا مِنْ آيَةٍ إِلَّا أَنَا أَعْلَمُ فِيمَا أُنْزِلَتْ وَلَوْ أَعْلَمُ أَحَدًا هُوَ أَعْلَمُ بِكِتَابِ اللَّهِ مِنِّي تَبْلُغُهُ الْإِبِلُ لَرَكِبْتُ إِلَيْهِ

Dari 'Abdullah dia berkata, "Demi Dzat yang tidak ada Ilah selain Allah, tidaklah satu suratpun didalam Al-Qur'an, kecuali aku mengetahui kapan turunnya surat tersebut. Dan tidaklah satu ayat dari Al-Qur'an yang turun, kecuali aku mengetahui mengenai apa ayat itu turun. Sekiranya aku mengetahui ada orang yang lebih tahu dariku tentang kitabullah, yang mana jarak orang itu harus di tempuh dengan unta, pasti aku akan menemuinya".

(HR. Imam Muslim no. 2463 Bab Keutamaan Abdullah bin Mas'ud dan ibunya rhadiyallahu  'anhuma, Syarh Shahih Muslim)

عَنْ أَبِي إِسْحَقَ قَالَ سَمِعْتُ أَبَا الْأَحْوَصِ قَالَ شَهِدْتُ أَبَا مُوسَى وَأَبَا مَسْعُودٍ حِينَ مَاتَ ابْنُ مَسْعُودٍ فَقَالَ أَحَدُهُمَا لِصَاحِبِهِ أَتُرَاهُ تَرَكَ بَعْدَهُ مِثْلَهُ فَقَالَ إِنْ قُلْتَ ذَاكَ إِنْ كَانَ لَيُؤْذَنُ لَهُ إِذَا حُجِبْنَا وَيَشْهَدُ إِذَا غِبْنَا

Dari Abu Ishaq dia berkata, "Aku mendengar Abu Al Ahwash berkata, 'Aku melihat Abu Musa dan Abu Mas'ud berbincang-bincang, -ketika Ibnu Mas'ud meninggal-. Salah satu dari mereka berkata kepada temannya, 'Apakah kamu melihat orang yang sepertinya setelah dia meninggal?'."

Temannya menjawab, 'Ya memang tidak ada yang sepertinya. Abdullah selalu diizinkan oleh Rasulullah, ketika kita tidak diizinkan. Dan dia selalu menyertainya, ketika kita tidak bisa menyertainya'."

(HR. Imam Muslim no. 2461 Bab Keutamaan Abdullah bin Mas'ud dan ibunya rhadiyallahu  'anhuma, Syarh Shahih Muslim)

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive