Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Monday, October 9, 2023

Hasad Menimpa Ulama Atau Ustadz

Hasad Menimpa Ulama Atau Ustadz
Bismillah...

Penyakit iri dengki dengan karunia yang Allah berikan kepada seseorang bukan hanya menimpa kepada orang awam saja, tetapi juga menimpa para penuntut ilmu, para ustadz bahkan para ulama.

Lihat ustadz atau ulama yang banyak jamaahnya, banyak penghasilannya, banyak penggemar dan pengikutnya, dekat dengan pejabat, jam terbang dakwahnya banyak, bahkan sampai keluar negeri dan karunia lain yang Allah berikan dari perkara dunia, timbul hasad dalam dirinya.

Bahkan ulama, ustadz atau seorang ikhwan yang aktif di dunia maya yang banyak netizen followernya, setiap postingan banyak yang komentari, like dan share. Tidak seperti dirinya, jangankan yang share, yang komentar dan like saja tidak ada, timbul kedengkian dalam jiwanya.

Apa penyebab utamanya? Penyebabnya ujung-ujungnya masalah dunia. Orientasinya berputar pada perkara ketenaran, kemasyhuran, kedudukan, jabatan dan harta. Inti pokoknya karena cinta dunia.

Berkata Imam Ibnul Jauzi rahimahullah :

تأملت التحاسد بين العلماء ، فرأيت منشأه من حب الدنيا ، فإن علماء الآخرة يتوادون ولا يتحاسدون ،

"Saya memperhatikan gejolak hasad diantara para Ulama', kemudian saya melihat bahwa sebab utamanya adalah cinta kepada dunia. Adapun Ulama' akhirat mereka saling berkasih sayang dan tidak saling hasad". (Shaid al-Khâthir 1/30).

Hasad adalah penyakit hati, yang samar dan tidak tampak. Oleh karena itu jangan bermudah-mudahan menuduh si pulan atau si alan hasad. Kita hanya diperintahkan untuk berlindung kepada Allah Ta'ala dari kejahatan orang-orang yang hasad. Bukan untuk menuding dan menunjuk hidung, bahwa si pulan hasad. 


https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=2049264525412804&substory_index=611773467699503&id=100009878282155


AFM

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive