Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Friday, July 27, 2018

Belajarlah Untuk Selalu Bersyukur

Belajarlah Untuk Selalu Bersyukur
Wahai saudaraku, ketahuilah dengan belajar untuk selalu bersyukur dengan 3 (tiga) hal ini.

Dari Shahabat *Nu’man bin Basyir rodhiyallahu ‘anhu, beliau mengatakan: “Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam pernah bersabda di atas mimbar:

« مَنْ لَمْ يَشْكُرِ الْقَلِيلَ، لَمْ يَشْكُرِ الْكَثِيرَ، وَمَنْ لَمْ يَشْكُرِ النَّاسَ، لَمْ يَشْكُرِ اللَّهَ. التَّحَدُّثُ بِنِعْمَةِ اللَّهِ شُكْرٌ، وَتَرْكُهَا كُفْرٌ»


  1. ”Barangsiapa belum mampu mensyukuri nikmat yang sedikit,* maka ia belum mampu mensyukuri nikmat yang banyak.
  2. ”Barangsiapa belum bisa berterima kasih kepada manusia,* maka ia belum bisa bersyukur kepada Allah _–Ta’ala-._
  3. ”Membicarakan nikmat Allah* _-Ta’ala-_ *merupakan satu bentuk rasa syukur,* meninggalkannya adalah satu bentuk kufur nikmat.


[HR. Ahmad* no. 18449, 18450, *Al-Baihaqi* dalam * “Asy-Syu’ab” * no.4105, 8698, *Ibnu Abid Dunia* dalam * “Asy-Syukr”* no.64. Lafadz di atas diambil dari *"Musnad Ahmad".* ] , 📎 Derajat Hadits: *Hasan.*

Dihasankan oleh Asy-Syaikh Al-Albani –rohimahullah- dalam kitab “Shohih At-Targhib”no.976, “Ash-Shohihah” pada pembahasan hadits no.667.

========

Senantiasa kita meminta pertolongan kepada Allah _-Ta'ala-_ agar bisa menjadi hamba-hamba Nya yang bersyukur, _Aamiin. _

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.

Share:

Popular Posts

Blog Archive