Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Tuesday, July 17, 2018

Kapan Seseorang Bisa Keluar Dari Manhaj Salaf?

Syaikh Muqbil bin Hadi Al-Wadi’i rahimahullahu berkata:

Adapun kapan seseorang bisa keluar dari manhaj salafus shalih ? Yaitu apabila dia melakukan bid’ah-bid’ah.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

فإنه من يعش منكم بعدي فسيرى اختلافا كثيرا ، فعليكم بسنتي وسنة الخلفاء المهديين الراشدين تمسكوا بها ، وعضوا عليها بالنواجذ ، وإياكم ومحدثات الأمور فإن كل محدثة بدعة ، وكل بدعة ضلالة

"Dan barangsiapa yang hidup setelahku nanti maka dia akan melihat perselisihan yang banyak. Maka wajib bagi kalian untuk berpegang teguh dengan sunnahku dan sunnah para khulafa’ rasyidin. Pegang erat sunnah tersebut dan gigit dengan gigi geraham kalian. Dan jauhkan diri kalian dari hal-hal yang baru (dalam urusan agama), karena setiap yang baru tersebut adalah bid’ah dan setiap bid’ah itu sesat". (HSR. Abu Daud)

Dan apabila dia keluar dari manhaj salaf, entah ke arah tasawwuf atau syi’ah atau merayakan maulid nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam atau meridhai undang-undang buatan manusia (yang bertentangan dengan syariat Allah) atau fanatik golongan (hizbiyah) yaitu cinta dan benci karena golongan/ormas/partai.

Apabila dia (mengaku) salafi tapi beriman dengan demokrasi, maka dia bukan salafi dan dia tidak punya kehormatan.

Meskipun dia beriman bahwa Allah tinggi diatas 'arsy serta beriman dengan nama-nama Allah dan sifat-sifat-Nya yang tercantum dalam Al-Qur’an dan As-Sunnah. [1]

---------------------

[1] Diringkas dan diterjemahkan dari kitab Tuhfatu Al-Mujib hal. 111-112.

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.

Share:

Popular Posts

Blog Archive