Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Sunday, January 6, 2019

Apa yang Harus Dilakukaan Ketika Sholat Terjadi Gempa?

Apa yang Harus Dilakukaan Ketika Sholat Terjadi Gempa?
Kalau seandainya tengah-tengah sholad terjadi gempa, dan kita mengkhawatirkan gempa itu akan membahayakan nyawa kita. Maka saat itu keluar, kenapa? Karena menjaga keselamatan nyawa itu salah satu pokok ajaran islam. Sedangkam sholad wajib masih bisa di qodho (di ganti waktu yang lain) maka keluar, kalau memang gempanya sudah merasa membahayakan.

Kecuali kalau gempa ringan dan tidak membahayakan maka tidak mengapa (tidak masalah melanjutkan sholatnya). Jika Gempa tersebut sudah meruntuhkan plafon, dan bukan hanya plafonnya bahkan bisa meruntuhkan bangunannya, maka keluar dari Masjid menyelamatkan diri mencari tempat yang aman dan jika sudah aman atau masih khawatir terjadi gempa susulan maka bisa laksanakan sholat di tempat yang aman, bisa di tanah lapang atau ditempat yang lainnya yang kira-kira tidak terkena dampak dari Gempa tersebut.

Allahu'alam.

Ustadz Abdullah Zaen M.A Hafidzahullah

===============================

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.

Share:

Popular Posts

Blog Archive