Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Friday, January 20, 2023

Hadits Membaca Al-Kahfi di Hari dan Malam Jum'at disebut Dhoif/Lemah/Palsu?

Hadits Membaca Al-Kahfi di Hari dan Malam Jum'at disebut Dhoif/Lemah/Palsu?
Bismillah...

Mengapa hadits tentang membaca Al-Kahfi di hari dan malam Jum'at bisa disebut dhoif/lemah/palsu bahkan munkarul hadits..??

Mari sama2 kita dengarkan penjelasaรฑ dari guru kita syaikh.Abul hasan Ali jundullah Al misyri Hafizahullah,,beliau pengajar salah satu ma'had salaf dan pengajar tetap mesjid dimana ana belajar( Mesjid zaid bin stabit pekanbaru)

Beliau ulama asal Madinah yang memutuskan hijrah ke pekanbaru. Perkataan beliau menguatkan pendapat dewan fatwa al irsyad. Namun satu hal yang harus kita ingat, dalam beragama tidak boleh taqlid kepada siapapun kecuali kepada perkataan Allah dan Rasulullah. Dan salah satu sikap dan prinsip ahlu sunnah bila berhadapan dengan dalil shohih maka mereka mengambil dalil shohih dan meninggalkan semua perkataan manusia.berbeda dg Ahlul bid'ah yang mereja memilih mngikuti perkataan manusia dan meninggalkan dalil shohih

(Ibnul Qoyyim al jauziah Rahimahullah)

~~~~~~~~~~~~~~~~

Perkataan Para Imam tentang Taklid

๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡

Para imam juga menegaskan kepada para pengikutnya untuk mengikuti dalil, dan tidak bertaklid.  Berikut perkataan mereka:

Pertama: Imam Abu Hanifah rahimahullah

ู„ุง ูŠุญู„ ู„ุฃุญุฏ ุฃู† ูŠุฃุฎุฐ ุจู‚ูˆู„ู†ุง ู…ุง ู„ู… ูŠุนู„ู… ู…ู† ุฃูŠู† ุฃุฎุฐู†ุงู‡

Tidak boleh bagi seorangpun berpendapat dengan pendapat kami hingga dia mengetahui dalil bagi pendapat tersebut.

Diriwayatkan juga bahwa beliau mengatakan,

ุญุฑุงู… ุนู„ู‰ ู…ู† ู„ู… ูŠุนุฑู ุฏู„ูŠู„ูŠ ุฃู† ูŠูุชูŠ ุจูƒู„ุงู…ูŠ

Haram bagi seorang berfatwa dengan pendapatku sedang dia tidak mengetahui dalilnya.”

Kedua: Imam Malik bin Anas rahimahullah

ุฅู†ู…ุง ุฃู†ุง ุจุดุฑ ุฃุฎุทุฆ ูˆุฃุตูŠุจ ูุงู†ุธุฑูˆุง ููŠ ุฑุฃูŠูŠ ููƒู„ ู…ุง ูˆุงูู‚ ุงู„ูƒุชุงุจ ูˆุงู„ุณู†ุฉ ูุฎุฐูˆู‡ ูˆูƒู„ ู…ุง ู„ู… ูŠูˆุงูู‚ ุงู„ูƒุชุงุจ ูˆุงู„ุณู†ุฉ ูุงุชุฑูƒูˆู‡

Aku hanyalah seorang manusia, terkadang benar dan salah. Maka, telitilah pendapatku. Setiap pendapat yang sesuai dengan al-Quran dan sunnah nabi, maka ambillah. Dan jika tidak sesuai dengan keduanya, maka tinggalkanlah.” (Jami’ Bayan al-‘Ilmi wa Fadhlih 2/32).

Beliau juga mengatakan,

ู„ูŠุณ ุฃุญุฏ ุจุนุฏ ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ุฅู„ุง ูˆูŠุคุฎุฐ ู…ู† ู‚ูˆู„ู‡ ูˆูŠุชุฑูƒ ุฅู„ุง ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…

Setiap orang sesudah nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dapat diambil dan ditinggalkan perkataannya, kecuali perkataan nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.” (Jami’ Bayan al-‘Ilmi wa Fadhlih 2/91).

Ketiga: Imam Asy-Syafi’i rahimahullah

ุฅุฐุง ูˆุฌุฏุชู… ููŠ ูƒุชุงุจูŠ ุฎู„ุงู ุณู†ุฉ ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ูู‚ูˆู„ูˆุง ุจุณู†ุฉ ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ูˆุฏุนูˆุง ู…ุง ู‚ู„ุช

Apabila kalian menemukan pendapat di dalam kitabku yang berseberangan dengan sunnah rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, maka ambillah sunnah tersebut dan tinggalkan pendapatku.” (Al-Majmu’ 1/63).

Keempat: Imam Ahmad bin Hambal rahimahullah

ู„ุง ุชู‚ู„ุฏู†ูŠ ูˆู„ุง ุชู‚ู„ุฏ ู…ุงู„ูƒุง ูˆู„ุง ุงู„ุซูˆุฑูŠ ูˆู„ุง ุงู„ุฃูˆุฒุงุนูŠ ูˆุฎุฐ ู…ู† ุญูŠุซ ุฃุฎุฐูˆุง

Janganlah kalian taklid kepadaku, jangan pula bertaklid kepada Malik, ats-Tsauri, al-Auza’i, tapi ikutilah dalil.” (I’lam al-Muwaqqi’in 2/201;Asy-Syamilah,)

~~~~~~~~~~~~~~••••

Point yang bisa kita ambil dalam penjelasan tentang sebab-sebab mengapa membaca Al kahfi dihari dan malam jum'at termasuk hadist-hadits lemah bahkan munkar :

1.Hadist dari said al khudri radiallahu anhu banyak menyelisihi para periwayat lain yang lebih kuat Hafalannya..karena hadist ini banyak redaksi hadistnya Dan kita ambil pendapat terkuat dari banyaknya periwayat spt sufyan atsauri atau hasyim ibnu bashir yang mereka jg ikut mwriwayatkan hadist tentang keutamaan surah Al kahfi.Namun tidak ada satupun dari mereka yang menjelaskan atau menyebutkan lafaz kata jum'at atau malam jumat dlm redaksi hadist mereka,,Dan yang ada lafaz jum'at atau malam jumat rawinya lemah,,karena syarat hadist shohih hafalan rawinya hrs kuat,,jadi tidak boleh mengkhususkan ibadah tanpa dalil shohih

2.Hadist ini bukan sabda Rasulullah sallallahu alaihi wasallam melainkan perkataan dari sahabat abu said al khudri saja( tidak marfu')jadi tidak boleh dijadikan dalil,karena hadist shohih harus tersambung ke Rasulullah sallallahu alaihi wasallam

Wallahualam bisshowab


✍Tulisan seorang Hamba Allah

Semoga bermanfaat ..Barakallahu fiykum


Ree post Lyn Salina

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive