Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Sunday, January 15, 2023

Jangan Tinggalkan Dakwah...

Jangan Tinggalkan Dakwah...
Bismillah...

Kalau kamu diuji dengan perbuatan dosa, lalu muncul keraguan untuk berdakwah, tetaplah dirimu di jalan dakwah. Dengan disertai jihad di dalam dirimu, melawan setan dan nafsu yang membawamu ke dalam kebiasaan buruk. 

Jangan tinggalkan amar ma'ruf nahi mungkar karena kekuranganmu.   

Kekuranganmu ada di maksiat yang kamu lakukan, bukan pada amar ma'ruf nahi mungkar. 

Maksiat adalah dosa, sedangkan amar ma'ruf nahi mungkar adalah amal salih, dua hal yang berbeda. 

Silahkan berjuang tinggalkan maksiat. Namun amar ma'ruf nahi mungkarmu jangan juga kau tinggalkan. Itu amal Sholih, perjuangkan agar tetap ada di dalam catatan amalmu. 

Jangan buat bahagia setan dengan anda menerjang dua pintu dosa sekaligus: meninggalkan amar ma'ruf nahi mungkar dan melakukan maksiat.

Kata para ulama "Andai tak boleh ada yang berdakwah kecuali orang yang sempurna takwanya, maka tak akan ada dakwah di muka bumi, tak akan ada amar Ma'aruf nahi mungkar di muka bumi, kecuali di saat zaman para Nabi masih hidup."

____

Solo, 20 Jumadas Tsani 1444 H.

✍️ Ahmad Anshori 

Faidah dari Syaikh Ibrahim bin Amir Ar-Ruhaili -hafidzohullah-, dalam kajian kitab beliau berjudul "Manhaj Ahlis Sunnah fil Amri bil Ma'ruf wan Nahyi 'anil Munkar (Metodologi Ahlussunah dalam Beramar Ma'ruf Nahi Munkar)".

Dauroh Syar'iyah ke #7 - Pondok Pesantren Imam Bukhari Solo

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive