Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Tuesday, January 3, 2023

Kenapa Membenci Orang Yang Menasehatimu Karena Allah?

Kenapa Membenci Orang Yang Menasehatimu Karena Allah?
Bismillah...

Imam Ibnu Qudamah رحمه الله berkata :

"Dahulu para salaf mencintai siapa saja yang telah memberikan peringatan kepada mereka dari kejelekan-kejelekan mereka. Sedangkan kita saat ini membenci orang yang telah memberi tahu kepada kita dari kejelekan-kejelekan kita" (Minhajul Qosidin 196)

Imam Abu Sulaiman bin Muhammad al-Khaththaby rahimahullah berkata :

‏فقد أبى أكثر أهل هذا الزمان قبول النصائح، ونصبوا العداوة لمن دعاهم إلى هدى، أو نهاهم عن ردى

"Sungguh mayoritas orang-orang di zaman ini enggan menerima nasehat, dan mereka justru melancarkan permusuhan kepada siapa saja orang yang mengajak mereka kepada petunjuk atau melarang mereka dari perbuatan buruk" (Al-’Uzlah hal 31)

Imam adz-Dzahabi رحمه الله berkata :

"Tanda orang ikhlas itu adalah apabila dia diingatkan akan kesalahannya, maka tidaklah dia merasa panas hatinya serta tidak pula ngeyel. Justru dia mengakui kesalahannya dan juga mendo’akannya : 'Semoga Allah pun merahmati orang yg telah mengingatkan kesalahanku'" (Siyar XIII/439)

Syaikh Shalih al-Fauzan حفظه الله berkata :

"Seorang yang menginginkan kebenaran itu merasa senang dengan nasehat, dan diingatkan atas kesalahannya" (Syarah Kitab al-Ubudiyyah hal 252)

Saudaraku, kenapakah engkau menolak nasehat dan membenci orang yang telah menyampaikan kebenaran kepadamu !? Apakah pada hatimu telah ada penyakit dari benih-benih kemunafikan !?

Malik bin Dinar رحمه الله berkata :

"Sesungguhnya badan itu jika dia sedang sakit maka tidak akan merasa enak saat makan, minum, tidur, dan juga istirahat. Demikian juga keadaan hati, apabila dia diikat dengan kecintaan terhadap dunia, maka berbagai nasehat pun tidak akan bermanfaat baginya" (Az-Zuhd al-Kabir hal 25)


Ustadz Najmi Umar Bakkar

https://telegram.me/najmiumar

Instagram : @najmiumar_official

Youtube : najmi umar official

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive