Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Monday, January 9, 2023

Terangkat Kedudukannya

Terangkat Kedudukannya
Bismillah...

Beragam cara dilakukan oleh manusia untuk terangkat derajatnya, kedudukannya, pamornya atau namanya dihadapan manusia lainnya. 

Padahal jika seseorang menginginkan terangkat derajatnya, kedudukannya, pamornya atau namanya, hendaklah tawadhu kepada Allah Ta'ala, niscaya Allah Ta'ala akan angkat kedudukannya. 

Dari Abu Hurairah, ia berkata bahwa Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَا نَقَصَتْ صَدَقَةٌ مِنْ مَالٍ وَمَا زَادَ اللَّهُ عَبْدًا بِعَفْوٍ إِلاَّ عِزًّا وَمَا تَوَاضَعَ أَحَدٌ لِلَّهِ إِلاَّ رَفَعَهُ اللَّهُ

Sedekah tidaklah mengurangi harta. Tidaklah Allah menambahkan kepada seorang hamba sifat pemaaf melainkan akan semakin memuliakan dirinya. Dan juga tidaklah seseorang memiliki sifat tawadhu’ (rendah hati) karena Allah melainkan Allah akan meninggikannya.” (HR. Muslim no. 2588).

Yang dimaksudkan disini, Allah akan meninggikan derajatnya di dunia maupun di akhirat. Di dunia, orang akan menganggapnya mulia, Allah pun akan memuliakan dirinya di tengah-tengah manusia, dan kedudukannya akhirnya semakin mulia. Sedangkan di akhirat, Allah akan memberinya pahala dan meninggikan derajatnya karena sifat tawadhu’nya di dunia (Al Minhaj Syarh Shahih Muslim, 16: 142)

Berkata Qatadah rahimahullah :

إياكم والتكلف والتنطع والغلو والإعجاب بالأنفس، تواضعوا لله، لعل الله يرفعكم .سير أعلام النبلاء (٢٧٦/٥) - 

Hati-hatilah kalian sikap berpura-pura, memfasih-fasihkan, berlebih-lebihan dan membanggakan diri sendiri, tawadhullah kepada Allah, semoga Allah mengangkat (derajat/kedudukan) kalian. (Siyar A'lam Anda Nubala 5/276).

Disamping sikap tawadhu, hendaklah berpegang teguh dengan sunnah Nabi shallallahu alaihi wasallam, niscaya Allah Ta'ala mengangkat sebutannya, namanya, kedudukannya dan derajatnya. Sebagaimana Nabi shallallahu alaihi wasallam yang Allah Ta'ala angkat kedudukannya, derajatnya, sebutannya dan namanya. 

Berkata Syeikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah :

إنما يرفع الله الشخص بقدر تمسكه بسنة الرسول صلى الله عليه وسلم. تحفة المجيب ص339

Sesungguhnya Allah mengangkat (kedudukan) seseorang sesuai dengan kadar keteguhannya dalam memegang sunnah Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. (Tuhfatul Mujib, hal. 339).

Allah Ta'ala berfirman :

وَرَفَعْنَا لَكَ ذِكْرَكَ

"Maka kami angkat (tinggikan) sebutan (nama) bagimu." (QS. Al Insyirah 4).

Berkata Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah :

أهل السنة يموتون،ويحي ذكرهم وأهل البدعة يموتون،و يموت ذكرهم لأن أهل السنة أحيوا ما جاء به رسول اللّٰه صلى اللّٰه عليه وسلم;فكان لهم نصيب من قوله:ورفعنا لك ذكرك. وأهل البدعة شنؤوا ما جاء به رسول اللّٰه صلى اللّٰه عليه وسلم،فكان لهم نصيب من قوله:إن شانئك هو الأبتر.. مجموع الفتاوى

"Ahlus sunnah walaupun jasad mereka mati, akan tetapi PENYEBUTAN Namanya senantiasa tetap hidup, sementara ahlul bid'ah ketika jasad mereka mati, maka MATI (HILANG) pula penyebutannya.

Karena Ahlus Sunnah mereka menghidupkan apa-apa yang datang dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, maka jadilah mereka memperoleh dari firman-Nya:

"Maka kami angkat (tinggikan) sebutan (nama) bagimu." (QS. Al Insyirah 4).

Adapun Ahlul bid'ah mereka membenci (mengolok-olok) sesuatu yang datang dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, maka jadilah mereka memperoleh akibat dari firman-Nya:

"Sesungguhnya orang-orang yang membencimu dialah yang terputus”. (Al-Kautsar : 3 ." (Majmu' Fatawa). 


https://m.facebook.com/100009878282155/posts/1874343726238219/?substory_index=0

AFM

https://abufadhelmajalengka.blogspot.com/2020/01/terangkat-kedudukan.html

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive