Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Tuesday, February 28, 2023

Bagaimana Ucapan Istighfar Seusai Shalat?

Bagaimana Ucapan Istighfar Seusai Shalat?
Bismillah...

Kalimat istighfar yang diucapkan setelah shalat redaksinya tidak dita'yin (ditentukan) oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, tidak pula oleh para shahabat dan tabiin. 

Hadits menyebutkan kalimat istighfar secara umum tidak dibatasi astaghfirullah saja,

"Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam beristighfar sebanyak tiga kali setiap kali selesai dari shalatnya..." (HR. Muslim 591)

Ada beberapa redaksi istighfar yang disebutkan oleh para ulama, 

1). Astaghfirullah, ini madzhabnya Al-Imam Al-Awza'i sebagaimana kelengkapan riwayat Muslim di atas dan kalimat istighfar ini yang paling ringkas.

2). Astaghfirullahal 'adzhim atau astaghfirullahalladzi laa ilaaha illa huwal hayyul qayyum, ini madzhabnya sekelompok fuqaha.

3). Astaghfirullah wa atuubu ilaih, redaksi ini yang banyak dilafalkan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dalam kesehariannya.

(Faedah Syaikh Shalih bin Abdillah Al-Ushaimi hafidzhahullah, Al-Baqiyat Ash-Shalihat minal Adzkar Ba'das Shalawat)

Dan maksud mengucapkan istighfar setelah shalat adalah memohon ampun kepada Allah atas kekurangan-kekurangan di dalam shalat kita dan kalimat istighfar itu sebagai penambalnya. 

Tidak tepat jika yang diucapkan alhamdulilah apalagi diiringi mengusap muka seperti yang dilakukan sebagian orang.


https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid0C17ZYSNV7YLNF8pgeNNgBPfachCqVX19tgBAvgnwUb4xMEytNPbHjt1Z9t2dxoaRl&id=100001764454087


https://t.me/manhajulhaq

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive