Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Tuesday, February 28, 2023

Nasihat Indah Untuk Wanita Shalihah

Nasihat Indah Untuk Wanita Shalihah
Bismillah...

🎙Al-'Allamah Asy-Syaikh Muqbil bin Hadi Al-Wadi'i رحمه الله تعالى berkata,

هل تعلمين أن عائشة -رضي الله عنها- لم تنجب ولم يكن لها ذرية، ومع ذلك لم يوجد أثر في كتب السنة النبوية أن عائشة قالت: يا رسول الله إدع الله لي بالذرية!!

Apakah engkau mengetahui bahwa Ummul Mukminin Aisyah رضي الله عنها adalah wanita yang tidak memiliki keturunan? 

Namun tidak satu pun ada riwayat di dalam kitab-kitab para ulama yang menyebutkan bahwa beliau pernah meminta do'a kepada Rasulullah ﷺ, “Wahai Rasulullah, berdo'alah kepada Allah agar aku mendapatkan keturunan". 

وهل تعلمين أن النبي -صلى الله عليه وسلم- مات عنها وعمرها ١٨ سنة، وكان شديد الحب لها، وكانت شديدة الغيرة، أي عاشت بعده ٤٧ سنة، ومع ذلك لم تتحسر على الزواج!!

Apakah engkau mengetahui bahwa Rasulullah ﷺ wafat saat Aisyah berumur 18 tahun? 

Dan Rasulullah ﷺ sangat mencintainya. Ummul mukminin adalah seorang wanita yang memiliki rasa cemburu yang besar dan hidup selama 47 tahun setelah Rasulullah ﷺ wafat. Walaupun demikian, beliau tidak pernah berlarut-larut dalam kesedihan atas kepergian suaminya..

لكنها إشتغلت بالعلم والعبادة وكانت معلمة ومثقفة ومفتيه لكبار الصحابة.

لن تتوقف الحياة على الإنجاب. ولا على الزواج. ولا على البيت. ولا على الضرة -الزوجة الثانية-، ولا على المال، ولا على موت الوالدين، أو فقد الأبناء. 

Akan tetapi beliau selalu disibukkan dengan ilmu dan ibadah. Beliau juga merupakan sahabat wanita yang menjadi pengajar, pendidik, dan ahli fatwa bagi para sahabat nabi lainnya رضي الله عنهم ..

Hidup tidak boleh berhenti karena tidak memiliki keturunan, karena kematian suami, karena sederhananya tempat tinggal, karena adanya istri kedua, karena kehilangan harta, karena kematian orang tua, dan karena kehilangan anak tercinta..

ما أخذ الله شيئًا إلا وعوض خيرًا منه، والدنيا دار ابتلاء لم تكمل لأحد أبدًا

Tidaklah Allah mengambil suatu pemberian, melainkan Allah mengganti dengan yang lebih baik.. 

Dunia ini adalah tempat ujian dan cobaan, selamanya tidak akan pernah sempurna bagi siapa pun..

 إملئي قلبك بالإيمان والرضا وحسن الظن بالله، ووقتك بطلب العلم والعمل في كل ما ينفع نفسك ومجتمعك.

Penuhilah hatimu dengan iman, keridhaan dan prasangka baik kepada Allah. Penuhilah waktumu untuk belajar ilmu dan mengamalkan segala yang bermanfaat bagi dirimu dan masyarakat..

 اجعلي الصبر زادك، والقرآن صاحبك: ﴿مَا أَنْزَلْنَا عَلَيْكَ الْقُرْآنَ لِتَشْقَى﴾.

Jadikanlah sabar sebagai bekalmu. Jadikanlah Al-Qur'an sebagai kitab yang selalu menyertaimu.. 

'Tidaklah Kami menurunkan Al-Qur'an kepadamu agar engkau merasa berat'

 لاينبغي للإنسان أن يكون فارغًا؛ لأن الشيطان يتسلط عليه بخواطر السوء، فخير له أن يشغل نفسه بما ينفعه كي لاتشغله نفسه بما يضره.

Seseorang tidak sepantasnya memiliki waktu kosong. Sebab, setan akan menguasai dirinya dengan membisikkan pikiran-pikiran jelek..

Yang lebih baik adalah menyibukkan dirinya dengan hal-hal yang bermanfaat agar jiwanya tidak sibuk dengan hal-hal yang memudaratkannya..

ختامًا

أنصح المرأة الصالحة أن تحرص على مجالسة النساء الصالحات فإنها بهذا تزداد إيمانًا وتزداد علمًا وتزداد بصيرة.

Terakhir, aku menasihatkan kepada wanita shalihah agar bersemangat untuk bermajelis dengan wanita-wanita shalihah. Sebab dengan ini, mudah-mudahan akan bertambah iman dan ilmunya".

📚 (Sumber : Gharatul Asyrithah No.474)

•┈┈┈┈•✿❁✿•┈┈┈┈• 

📲 SHARE & JOIN : Al Ilmu: https://t.me/alilmoe

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive