Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Sunday, February 26, 2023

Faidah Seputar Bulan Sya'ban (3/10)

Faidah Seputar Bulan Sya'ban (3/10)
Bismillah...

BULAN YANG SERING DILALAIKAN

Ucapan Nabi ﷺ, 

Karena ini bulan yang banyak dilalaikan manusia di antara Rajab dan Ramadhan.”

Disini terdapat isyarat halus bahwa seyogyanya manusia menggunakan waktu-waktu lainnya dengan amal ketaatan. 

Dan hal ini termasuk perkara yang dicintai dan diridhai Allah ﷻ. Karena itulah ada sejumlah salaf yang menyukai shalat sunnah (tathawwu’) di antara waktu Maghrib dan Isya dengan alasan bahwa ini waktu yang seringkali dilalaikan (manusia). 

Demikian pula lebih diutamakan shalat malam pada sepertiga malam terakhir, karena ini waktu yang paling banyak dilalaikan manusia dari berdzikir (mengingat) Allah. 

Nabi ﷺ bersabda, 

<< النبيُّ صلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: أَقْرَبُ مَا يَكُونُ الرَّبُّ مِنَ العَبْدِ فِي جَوْفِ اللّيْلِ الآخِرِ، فَإنَ اسْتَطَعْتَ أَنْ تَكُونَ مِمَّنْ يَذْكُرُ اللَّه فِي تِلْكَ السَّاعَةِ فَكُنْ >> 

Waktu terdekat Rabb kepada hamba-Nya adalah di saat malam terakhir. Karena itu jika kau mampu untuk menjadi orang yang berdzikir kepada Allah di waktu tersebut, maka kerjakanlah.”

(HR. Tirmidzi no.3579 dan Nasa’i no.572. Dishahihkan oleh al-Albani) 

Karena itulah, dianjurkan untuk berdzikir kepada Allah di tempat-tempat yang di sana banyak kelalaian, keberpalingan dan sedikitnya orang yang berdzikir, seperti di pasar dan majelis-majelis yang sia-sia. 

[Lathaiful Maarif karya Ibnu Rajab Hal: 131] 

Diantara faidah beramal di waktu lalai adalah : Bahwa seorang muslim yang menghidupkan waktu-waktu yang dilalaikan manusia dengan amal ketaatan, maka hal ini lebih menyembunyikan amalannya. 

Sedangkan menyembunyikan amal-amal ketaatan yang bersifat nafilah (sunnah) itu lebih dekat kepada keikhlasan. Akan sulit bagi seorang muslim untuk bisa selamat dari riya’ (pamer/ingin dilihat) apabila ia menampakkan amal shalihnya. 

Bulan Sya’ban adalah bulan  diangkatnya amalan kepada Allah, sebagaimana di dalam hadits : 

Di bulan ini amalan terangkat sampai ke Rabb Semesta Alam, dan saya senang di saat amalku terangkat saya sedang berpuasa.”

Nabi ﷺ senang saat amalan beliau terangkat beliau dalam keadaan berpuasa. Karena di momen tersebut lebih diterimanya amalan dan diangkatnya derajat. Karena itu hendaknya kaum muslimin meneladani Nabi mereka ﷺ di dalam hal ini dan memperbanyak puasa dibulan Sya’ban.


- Bersambung ke Bag. 4/10 -


📎 Sumber : 32 Fa'dah fii Syahri Sya'ban Karya Syaikh Shalih al-Munajjid, penerbit: Majmu'ah Zad di bawah lisensi Syaikh Shalih al-Munajjid

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive