Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Monday, February 20, 2023

Kapan Isra Mi'raj Terjadi?

Kapan Isra Mi'raj Terjadi?
Bismillah...

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah رحمه الله تعالى mengatakan, “Tidak ada dalil yang tegas yang menyatakan terjadinya Isra Mi'raj pada bulan tertentu atau sepuluh hari tertentu atau ditegaskan pada tanggal tertentu. Bahkan sebenarnya para ulama berselisih pendapat mengenai hal ini, tidak ada yang bisa menegaskan waktu pastinya". 

```(Zaad Al-Ma’ad, 1:57-58)```

Abu Syamah رحمه الله تعالى mengatakan, “Sebagian orang menceritakan bahwa Isra Mi'raj terjadi di bulan Rajab. Namun para pakar Jarh wa Ta’dil (pengkritik perawi hadits) menyatakan bahwa klaim tersebut adalah suatu kedustaan".

```(Al-Bida’ Al-Hawliyah, hlm. 274)```

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah رحمه الله تعالى berkata, “Tidak dikenal dari seorang ulama kaum muslimin yang menjadikan malam Isra memiliki keutamaan dari malam lainnya, lebih-lebih dari malam Lailatul Qadar. Begitu pula para sahabat dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik tidak pernah mengkhususkan malam Isra untuk perayaan-perayaan tertentu dan mereka pun tidak menyebutkannya. Oleh karena itu, tidak diketahui tanggal pasti dari malam Isra tersebut". 

```(Zaad Al-Ma’ad, 1:57-58)```

Syaikh Musthafa Al-‘Adawi حفظه الله تعالى juga menerangkan, "Tidak ada dalil dari Rasulullah ﷺ bahwa beliau merayakan Isra Mi'raj.. 

Beliau juga mengatakan bahwa beliau tidak mengetahui dalil dari para sahabat tentang hal ini, begitu pula tidak diketahui dari imam yang empat dari imam madzhab. Juga terdapat perselisihan pendapat tentang penetapan kapan malam Isra Mi'raj terjadi". 

```(Lihat At-Tashiil li Ta’wil At-Tanzil Tafsir An-Nahl – Al-Isra’, hlm. 326)```


🌐 https://rumaysho.com/20139-faedah-sirah-nabi-peristiwa-isra-mikraj.html

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive