Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Friday, February 3, 2023

Tips Agar Tidak Gampang Kecewa Bermuamalah dengan Manusia

Tips Agar Tidak Gampang Kecewa Bermuamalah dengan Manusia
Bismillah...

Hal yang sering membuat orang kecewa, jengkel, marah, menaruh dendam adalah karena berinteraksi dengan manusia ingin mencari keridhaan mereka bukan mencari keridhaan Allah.

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah mengatakan,

والسعادة في معاملة الخلق أن تعاملهم لله فترجو الله فيهم ولا ترجوهم في الله

Kunci bahagia bermuamalah dengan manusia adalah engkau bermuamalah dengan mereka karena Allah, maka berharaplah kepada Allah dalam muamalahmu dengan mereka dan janganlah engkau berharap kepada mereka dalam muamalahmu dengan Allah. 

وتخافه فيهم ولا تخافهم في الله 

Dan kamu takut kepada-Nya dalam muamalahmu dengan mereka dan janganlah kamu takut kepada mereka dalam muamalahmu dengan Allah.

وتحسن إليهم رجاء ثواب الله لا لمكافأتهم 

Dan kamu berbuat baik kepada mereka karena mengharapkan ganjaran dari Allah, bukan karena mengharapkan balasan mereka. 

وتكف عن ظلمهم خوفا من الله لا منهم 

Dan kamu menahan diri dari menzalimi mereka karena takut kepada Allah, bukan karena takut dari mereka.

(Majmu' Fatawa 1/51)

Dalam hadits disebutkan,

عَنْ رَجُلٍ مِنْ أَهْلِ الْمَدِينَةِ قَالَ كَتَبَ مُعَاوِيَةُ إِلَى عَائِشَةَ أُمِّ الْمُؤْمِنِينَ رضى الله عنها أَنِ اكْتُبِى إِلَىَّ كِتَابًا تُوصِينِى فِيهِ وَلاَ تُكْثِرِى عَلَىَّ. فَكَتَبَتْ عَائِشَةُ رضى الله عنها إِلَى مُعَاوِيَةَ سَلاَمٌ عَلَيْكَ أَمَّا بَعْدُ فَإِنِّى سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَقُولُ « مَنِ الْتَمَسَ رِضَاءَ اللَّهِ بِسَخَطِ النَّاسِ كَفَاهُ اللَّهُ مُؤْنَةَ النَّاسِ وَمَنِ الْتَمَسَ رِضَاءَ النَّاسِ بِسَخَطِ اللَّهِ وَكَلَهُ اللَّهُ إِلَى النَّاسِ »

Dari seseorang penduduk Madinah, ia berkata bahwa Mu’awiyah pernah menuliskan surat pada ‘Aisyah -Ummul Mukminin- radhiyallahu ‘anha, di mana ia berkata, “Tuliskanlah padaku suatu nasehat untuk dan jangan engkau perbanyak.” ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha pun menuliskan pada Mu’awiyah, “Salamun ‘alaikum (keselamatan semoga tercurahkan untukmu). Amma ba’du. Aku pernah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang mencari ridho Allah saat manusia tidak suka, maka Allah akan cukupkan dia dari beban manusia. Barangsiapa yang mencari ridho manusia namun Allah itu murka, maka Allah akan biarkan dia bergantung pada manusia.” (HR. Tirmidzi no. 2414 dan Ibnu Hibban no. 276)

Dalam lafazh Ibnu Hibban disebutkan,

مَنْ اِلْتَمَسَ رِضَا اللَّهِ بِسَخَطِ النَّاسِ رضي الله عنه وَأَرْضَى عَنْهُ النَّاسَ ، وَمَنْ اِلْتَمَسَ رِضَا النَّاسِ بِسَخَطِ اللَّهِ سَخِطَ اللَّهُ عَلَيْهِ وَأَسْخَطَ عَلَيْهِ النَّاسَ

Barangsiapa yang mencari ridho Allah saat manusia tidak suka, maka Allah akan meridhoinya dan Allah akan membuat manusia yang meridhoinya. Barangsiapa yang mencari ridho manusia dan membuat Allah murka, maka Allah akan murka padanya dan membuat manusia pun ikut murka.”

Intinya dalam bermuamalah pun harus dibangun di atas fondasi tauhid karena keridhaan manusia tujuan yang mustahil untuk digapai. 

Dan siapa yang memperbaiki hubungannya dengan Allah maka Allah akan memperbaiki hubungannya dengan manusia.


https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid02zLeg9udoDy3M5cSacQx7EhLLUn7n6RLqbrozDG6c4fxr5pd4ANEsZtEnpqSbVehsl&id=100001764454087

https://t.me/manhajulhaq

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive