Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Monday, March 27, 2023

(Indikasi Munafik) - Malas Shalat Berjama'ah Di Masjid

(Indikasi Munafik) - Malas Shalat Berjama'ah Di Masjid
Bismillah...

Salah satu faktor seseorang malas shalat berjamaah ke masjid, karena punya anggapan, bahwa hukumnya hanya sunnah saja. Kalau diamalkan dapat pahala, kalau tidak diamalkan tidak apa-apa. 

Padahal orang yang tidak shalat berjamaah ke masjid adalah orang yang tidak melaksanakan PERINTAH dan SUNNAH NABINYA. Dan orang yang tidak mengikuti sunnah Nabinya adalah orang yang TERSESAT, bukan tidak apa-apa kalau meninggalkan sunnah. Bahkan di zaman Nabi shallallahu alaihi wa sallam, orang yang meninggalkan shalat jamaah di masjid, sebagai indikasi memiliki ciri kemunafikan. 

Berkata Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu, 

مَنْ سَرَّهُ أَنْ يَلْقَى اللَّهَ غَدًا مُسْلِمًا فَلْيُحَافِظْ عَلَى هَؤُلاَءِ الصَّلَوَاتِ حَيْثُ يُنَادَى بِهِنَّ فَإِنَّ اللَّهَ شَرَعَ لِنَبِيِّكُمْ صلى الله عليه وسلم سُنَنَ الْهُدَى وَإِنَّهُنَّ مِنْ سُنَنِ الْهُدَى وَلَوْ أَنَّكُمْ صَلَّيْتُمْ فِى بُيُوتِكُمْ كَمَا يُصَلِّى هَذَا الْمُتَخَلِّفُ فِى بَيْتِهِ لَتَرَكْتُمْ سُنَّةَ نَبِيِّكُمْ وَلَوْ تَرَكْتُمْ سُنَّةَ نَبِيِّكُمْ لَضَلَلْتُمْ وَمَا مِنْ رَجُلٍ يَتَطَهَّرُ فَيُحْسِنُ الطُّهُورَ ثُمَّ يَعْمِدُ إِلَى مَسْجِدٍ مِنْ هَذِهِ الْمَسَاجِدِ إِلاَّ كَتَبَ اللَّهُ لَهُ بِكُلِّ خَطْوَةٍ يَخْطُوهَا حَسَنَةً وَيَرْفَعُهُ بِهَا دَرَجَةً وَيَحُطُّ عَنْهُ بِهَا سَيِّئَةً وَلَقَدْ رَأَيْتُنَا وَمَا يَتَخَلَّفُ عَنْهَا إِلاَّ مُنَافِقٌ مَعْلُومُ النِّفَاقِ وَلَقَدْ كَانَ الرَّجُلُ يُؤْتَى بِهِ يُهَادَى بَيْنَ الرَّجُلَيْنِ حَتَّى يُقَامَ فِى الصَّفِّ. (رواه مسلم).

Barangsiapa yang senang kalau menemui Allah Ta'ala besok pada hari kiamat dalam keadaan MUSLIM, maka hendaklah ia menjaga shalat-shalat fardhu ini di waktu ia dipanggil untuk mendatanginya jika sudah mendengar azan, sebab sesungguhnya Allah telah mensyariatkan kepada Nabi kalian shallallahu ‘alaihi wa sallam beberapa jalan petunjuk dan sesungguhnya shalat-shalat itu adalah termasuk sebahagian dari jalan-jalan petunjuk tersebut. Seandainya kalian SHALAT DI RUMAH-RUMAH KALIAN SENDIRI sebagaimana shalatnya orang yang suka meninggalkan (shalat) jamaah (di masjid), sungguh kalian telah MENINGGALKAN SUNNAH NABIMU, dan seandainya kalian MENINGGALKAN SUNNAH NABIMU, sungguh kalian akan TERSESAT. Sungguh-sungguh saya telah melihat sendiri bahwa tidak ada seorang pun yang suka meninggalkan SHALAT JAMAAH melainkan ia adalah seorang MUNAFIK yang dapat dimaklumi kemunafikannya. Sungguh ada pula seseorang itu yang didatangkan untuk menghadiri shalat jamaah, ia disandarkan antara dua orang lelaki sehingga ia ditegakkan di dalam shaf. (HR. Muslim 654).

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

صَلاَةٌ أَثْقَلَ عَلَى الْمُنَافِقِينَ مِنَ الْفَجْرِ وَالْعِشَاءِ وَلَوْ يَعْلَمُونَ مَا فِيهِمَا لأَتَوْهُمَا وَلَوْ حَبْوًا. (رواه البخاري).

"Shalat yang paling berat bagi orang-orang MUNAFIK adalah shalat subuh dan isya (berjamaah) dan seandainya mereka mengetahui apa yang di dalamnya (pahala) sungguh mereka akan mendatangi shalat isya dan subuh (berjamaah ke masjid) walaupun dengan merangkak". (HR. Bukhâri, 657, 2/165 dan Muslim 651, 5/154)

Ibrahim An Nakha’i rahimahullah mengatakan,

كَفَى عَلَماً عَلَى النِّفَاقِ أَنْ يَكُوْنَ الرَّجُلُ جَارَ المسْجِد ، لاَ يُرَى فِيْهِ

Cukup disebut seseorang memiliki tanda munafik jika ia adalah tetangga masjid namun tak pernah terlihat di masjid” (Fathul Bari karya Ibnu Rajab 5: 458 dan Ma’alimus Sunan 1: 160. Lihat Minhatul ‘Allam, 3: 365)


https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid06mCPRyBz3reTDfAb6CvBNYTfASvt66S2MFd9MsLw51hShKcvWkp7CQacxuneHJ7dl&id=903924823277358


AFM

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive