Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Saturday, May 27, 2023

Cara Terbaik Menyembuhkan Luka Adalah Bercerita

Bismillah...

Bercerita langsung kepada Sang Pencipta. Ketika ada masalah, musibah dan beban berat, maka orang yang bertauhid, yang paling pertama ia lakukan adalah segera ingat Allah, berdo'a kepada Allah, istighfar agar dimudahkan dan diberi kesabaran.. 

Atau jika masih berat ia akan segera melakukan amal kebaikan, shalat, sedekah berbuat baik dan manfaf kepada manusia, agar meraih ridho Allah dan memilih waktu mustajab misalnya sepertiga malam untuk mengadu dan mengeluhkan perkaranya kepada Allah..

Inilah contoh perbuatan orang shalih sebelum kita, Nabi Ya’qub ‘alaihis salam berkata,

‎إِنَّمَا أَشْكُو بَثِّي وَحُزْنِي إِلَى اللَّهِ

Sesungguhnya hanyalah kepada Allah aku mengadukan kesusahan dan kesedihanku". (Qs Yusuf : 86)

Bisa saja setelah itu, kita diberikan kemudahan, kelapangan dan jalan keluar oleh Allah, kita dibuat mengingat kembali agar bersabar dan besarnya pahala bersabar. 

Nah, setelah mengadu kepada Allah, barulah ia MUSYAWARAHKAN urusannya/masalahnya dengan manusia. Dimusyawarahkan, karena ini adalah perintah Allah, Allah berfirman,

‎وَ شَاوِرْهُمْ في الأَمْرِ 

Maka bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan itu". (Qs Ali Imran: 159)

Tapi tidak semua manusia diajak musyawarah, hanya 1-2 orang atau beberapa orang saja (tidak perlu banyak orang tahu masalahnya) yang kira-kira bisa membantu memberikan solusi dan nasehat atas masalah dan bebannya. 

Misalnya ustadz, ortu, sahabat, ahli psikologi dll. Itupun ketika musyawarah, ia tampakkan kepada manusia wajah yang tegar, dia hanya butuh masukan dan solusi bukan belas kasih mereka, karena hanya Allah yang dia harapkan kasih sayang-Nya..


Sumber : https://muslimafiyah.com

______

bimbinganislam.com | Follow IG, FB, TWT, TG, YT : Bimbingan Islam

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive