Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Wednesday, May 31, 2023

Dakwah Itu Dimanapun Berada

Dakwah Itu Dimanapun Berada
Bismillah...

Apakah dakwah, menyebarkan ilmu yang bermanfaat mesti di masjid atau bisa ditempat lain? 

Berdakwah itu dimana pun berada, di masjid, di jalan, mobil, pesawat, kendaraan, rumah, bahkan di warung kopi sekalipun. 

Berkata Syeikh Bin Baaz rahimahullah :

ﻓﺎﻟﻮاﺟﺐ ﻋﻠﻰ ﺃﻫﻞ اﻟﻌﻠﻢ ﺃﻥ ﻳﻨﺸﻄﻮا ﻭﺃﻻ ﻳﻜﻮﻥ ﺃﻫﻞ اﻟﺒﺎﻃﻞ ﺃﻧﺸﻂ ﻣﻨﻬﻢ. ﺑﻞ ﻳﺠﺐ ﺃﻥ ﻳﻜﻮﻧﻮا ﺃﻧﺸﻂ ﻣﻦ ﺃﻫﻞ اﻟﺒﺎﻃﻞ ﻓﻲ ﺇﻇﻬﺎﺭ اﻟﺤﻖ ﻭاﻟﺪﻋﻮﺓ ﺇﻟﻴﻪ ﺃﻳﻨﻤﺎ ﻛﺎﻧﻮا ﻓﻲ اﻟﻄﺮﻳﻖ ﻭﻓﻲ اﻟﺴﻴﺎﺭﺓ ﻭﻓﻲ اﻟﻄﺎﺋﺮﺓ ﻭﻓﻲ اﻟﻤﺮﻛﺒﺔ اﻟﻔﻀﺎﺋﻴﺔ ﻭﻓﻲ اﻟﺒﻴﺖ ﻭﻓﻲ ﺃﻱ ﻣﻜﺎﻥ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﺃﻥ ﻳﻨﻜﺮﻭا اﻟﻤﻨﻜﺮ ﺑﺎﻟﺘﻲ ﻫﻲ ﺃﺣﺴﻦ ﻭﻳﻌﻠﻤﻮا ﺑﺎﻟﺘﻲ ﻫﻲ ﺃﺣﺴﻦ ﺑﺎﻷﺳﻠﻮﺏ اﻟﻄﻴﺐ ﻭاﻟﺮﻓﻖ ﻭاﻟﻠﻴﻦ ﻳﻘﻮﻝ اﻟﻠﻪ ﻋﺰ ﻭﺟﻞ:

{اﺩﻉ ﺇﻟﻰ ﺳﺒﻴﻞ ﺭﺑﻚ ﺑﺎﻟﺤﻜﻤﺔ ﻭاﻟﻤﻮﻋﻈﺔ اﻟﺤﺴﻨﺔ ﻭﺟﺎﺩﻟﻬﻢ ﺑﺎﻟﺘﻲ ﻫﻲ ﺃﺣﺴﻦ} [ مجموع فتاوى ابن باز (223/9) ] 

Wajib bagi orang yang berilmu untuk semangat dan jangan sampai ahli batil lebih semangat daripada mereka.

Bahkan wajib bagi mereka untuk lebih semangat dari ahli batil di dalam menampakkan kebenaran, berdakwah kepadanya dimana pun mereka berada; di jalan, mobil, pesawat, kendaraan, rumah dan dimana pun ia berada.

Hendaklah mereka mengingkari kemungkaran dengan cara yang lebih baik dan memberitahu mereka dengan cara yang lebih baik, dengan metode yang baik, halus dan lembut.

Allah 'Azza wa Jalla berfirman:

ٱدْعُ إِلَىٰ سَبِيلِ رَبِّكَ بِٱلْحِكْمَةِ وَٱلْمَوْعِظَةِ ٱلْحَسَنَةِ ۖ وَجَٰدِلْهُم بِٱلَّتِى هِىَ أَحْسَنُ ۚ إِنَّ رَبَّكَ هُوَ أَعْلَمُ بِمَن ضَلَّ عَن سَبِيلِهِۦ ۖ وَهُوَ أَعْلَمُ بِٱلْمُهْتَدِينَ

Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk (QS An Nahl 125) [Majmu' Fatawa Ibnu Baaz 9/223))]

Syaikh Ibnu Utsaimin rahimahullahu dinasehati seorang awam untuk terus menyebarkan ilmu yang bermanfaat dimana saja, termasuk di warung makan atau warung kopi.

Syaikh Utsaimin rahimahullahu bercerita :

"Sungguh telah mewasiatkan kepadaku, seorang lelaki awam. Dia mengatakan kepadaku:

"Wahai putraku bersemangatlah engkau dalam menyebarkan ilmu, di majelis-majelis yang ada, seperti majelis minum kopi, tempat makan, atau yang semisalnya.

Janganlah engkau meninggalkan satu majelis pun, kecuali engkau berusaha memberikan kepada mereka hadiah ilmu. Sekali pun hanya satu permasalahan.'

Dia mewasiatkan yang demikian itu kepadaku.

Maka aku juga wasiatkan kepada kalian, untuk semangat menyebarkan ilmu). Dikarenakan itu wasiat yang bermanfaat." (at Ta'liq 'ala Shahih Muslim (hadits 152).


https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid05fLzUQ3PKDRDiCxAqTTzC5XHBzMbczVjv13CyqvZBUvg5iVW7divi6KNoo1y3uGLl&id=100009878282155


AFM

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive