Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Sunday, May 21, 2023

(JANGAN) Menceritakan Masa Lalu Yang Penuh Lumpur Dosa

(JANGAN) Menceritakan Masa Lalu Yang Penuh Lumpur Dosa
Bismillah...

Suatu ketika, saya shalat jumat disebuah masjid. Isi khutbahnya dari awal sampai akhir kebanyakan menceritakan aibnya sendiri di masa lalu. "Saya dulu tukang mabuk, main judi, tukang palak orang....dst

Ternyata khatibnya katanya dari mantan preman, kemudian beralih profesi menjadi ustadz karena ikut sebuah kelompok jamaah islam. 

Sebenarnya dalam ajaran islam, aib diri di masa lalu, mesti ditutup rapat-rapat, sebagaimana orang yang melakukan maksiat di malam hari, jangan menceritakannya di siang hari. 

Bahkan sebagian orang justru bangga telah melakukan perbuatan maksiat dan dosa dengan menceritakannya kepada orang lain. "Tadi malam saya telah berzina, tadi malam saya nonton film porno, dulu saya tukang mabuk, dulu saya penjudi.... dst.

Orang seperti ini tidak akan mendapatkan ampunan dari Allah Ta'ala. Justru ini mengundang kemarahan Allah Ta'ala kepadanya. 

Berkata Abu Hurairah radhiyallahu anhu, 

سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَقُوْلُ ( كُلُّ أُمَّتِيْ مُعَافًى إِلَّا الْمُجَاهِرِيْنَ وَإِنَّ مِنَ الْمُجَاهِرِةِ أَنْ يَعْمَلَ الرَّجُلُ بِالْلَيْلِ عَمَلًا ثُمَّ يُصْبِحُ وَقَدْ سَتَرَهَ اللهُ فَيَقُوْلُ يَا فُلَانُ عَمِلْتُ البَارِحَةَ كَذَا وَكَذَا وَقدْ بَاتَ يَسْتُرُهُ رَبُّهُ وُيُصْبِحُ يَكْشِفُ سَتَرَ اللهُ عَنْهُ)

Aku mendengar Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda,

“Setiap ummatku akan mendapatkan ampunan dari Allah Azza wa Jalla kecuali al Mujaahiriin yaitu semisal ada seorang laki-laki yang mengerjakan sebuah perbuatan (dosa) pada malam hari kemudian ia menjumpai waktu subuh dan Allah telah menutupi aibnya (dari perbuatan dosanya). Lalu laki-laki tersebut mengatakan (menceritakan kepada orang lain), “Wahai Fulan, aku telah mengerjakan sebuah perbuatan buruk (dosa) ini dan itu”. “Maka itulah orang yang malamnya Allah telah menutup aibnya lalu ia membuka aibnya sendiri di waktu subuh" (H.R. Bukhari (6069) dalam kitab Fathul Bari dan lafadz ini milik Bukhari, dan riwayat Muslim (2990)

Berkata Ibnu Hajar rahimahullah di dalam kitab Fathul Bari, berkata Imam Nawawi rahimahullah, 

هم الذين جاهروا بمعاصيهم وأظهروها وكشفوا ما ستر الله –تعالى- عليهم فيتحدَّثون بها لغير ضرورة ولا حاجة

Mereka orang-orang yang menyatakan secara terbuka maksiat-maksiat mereka, mengungkapkannya dan membongkar apa-apa yang Allah Ta'ala telah tutupi atas mereka. Lalu mereka menceritakan maksiatnya tanpa ada keperluan dan kebutuhan

Sumber : https://www.islamweb.net/ar/fatwa/185407/


Seseorang hendaklah menutup rapat-rapat aib-aibnya, agar Allah Ta'ala mengampuni perbuatan maksiat dan dosanya. 


https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid0iXZhkNgVwvaAjY4xFyfaSd8Xd9K8h8CgigeNoMAQ9sGDKNa9H8ocDJquoFqKWz6vl&id=100009878282155


AFM

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive