Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Saturday, June 24, 2023

Faidah Dzulhijjah (Bagian 6/10)

Faidah Dzulhijjah (Bagian 6/10)
Bismillah...

10 HARI AWAL DZULHIJJAH

๐Ÿ“œ FAIDAH ke-19

Disunnahkan juga memperbanyak tahlil, takbir dan tahmid, sebagaimana sabda Nabi ๏ทบ,

ูَุฃًูƒْุซِุฑُูˆุง ูِูŠْู‡ِู†َّ ู…ِู†َ ุงู„ْุชَّู‡ْู„ِูŠู„ِ ูˆَุงู„ุชَّูƒْุจِูŠْุฑِ ูˆَุงู„ุชَّุญْู…ِูŠْุฏ 

Perbanyaklah didalamnya tahlil (mengucapkan La ilaha illallah), takbir (mengucapkan Allahu Akbar), dan tahmid (mengucapkan Alhamdulillah).”

(HR. Ahmad (5446) dan dishahihkan oleh pentahqiq Musnaf Ahmad)

Allah ๏ทป berfirman tentang jamaah haji di Baitul Haram,

Agar mereka menyaksikan berbagai manfaat untuk mereka dan agar mereka menyebut nama Allah di hari-hari yang telah ditentukan atas rezeki yang diberikan Dia kepada mereka berupa hewan ternak.

(QS. Al-Hajj: 28)

๐Ÿ“œ FAIDAH ke-20

Bertakbir bersamaan dengan tasbih, tahmid dan tahlil, adalah amal shalih yang langgeng, persemaian surga dan  perkataan yang lebih dicintai Allah dan dicintai Nabi ๏ทบ, dilakukan dari semenjak terbitnya matahari.  

Hendaknya ketika berdzikir di waktu-waktu ini dengan cara mengangkat suara, dikerjakan baik saat berdiri atau duduk, berkendara atau berjalan, di dalam rumah atau di luar rumah, di masjid, jalanan, pasar dan semua tempat yang memungkinkan.

๐Ÿ“œ FAIDAH ke-21

Hendaknya bagi para panutan dan kaum muslimin pada umumnya, untuk menampakkan takbir (izhharut takbir), baik itu di perkumpulan, pertemuan ataupun di rumah-rumah. Tidak mengapa menyiarkan takbir ini dengan berbagai macam media elektronik agar dapat tersiar di berbagai penjuru wilayah.

๐Ÿ“œ FAIDAH ke-22

Dahulu Ibnu Umar dan Abu Hurairah - semoga Allah meridhai mereka - pernah keluar ke pasar pada 10 hari awal Dzulhijjah sambil bertakbir. Lalu manusia pun ikut bertakbir dengan cara takbir kedua sahabat ini.

๐ŸชถMaimun bin Mahran, salah satu ulama tabi’in rahimahullah berkata, “Saya menjumpai orang-orang, mereka semua pada serentak bertakbir di 10 hari awal Dzulhijjah, sampai-sampai saya menyerupakan mereka seperti gemuruh ombak, saking banyaknya.”

๐Ÿ“œ FAIDAH ke-23

Sembari bertakbir di 10 hari Dzulhijjah ini, kita mengharapkan berita gembira berupa kemenangan dan pertolongan Allah ๏ทป. Karena dengan takbirlah, Khaibar dan wilayah lainnya terbuka (ditaklukkan) dan musuh-musuh dapat dikalahkan, dengan izin Allah tentunya.


♻️ BERSAMBUNG ุฅู† ุดุขุก ุงู„ู„ู‡  


๐Ÿ“– Penyusun: Syaikh Muhammad bin Shalih al-Munajjid hafizhahullah


@abinyasalma

======๐ŸŒด๐ŸŒด๐ŸŒด๐ŸŒด๐ŸŒด======

๐Ÿ‘ฅ WAG Al-Wasathiyah Wal-I'tidฤl

✉ TG :  https://t.me/alwasathiyah

๐ŸŒ Blog : alwasathiyah.com

‌๐Ÿ‡ซ FB : fb.com/wasathiyah

๐Ÿ“น Youtube : http://bit.ly/abusalmatube

๐Ÿ“ท IG : instagram.com/alwasathiyah

๐Ÿ”Š Mixlr : mixlr.com/abusalmamuhammad


๐Ÿ“„ Sumber : E-book 44 Faidah (10 Hari Awal Dzulhijjah) 

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive