Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Wednesday, June 21, 2023

Iman Itu Naik dan Turun, Kawan

Iman Itu Naik dan Turun, Kawan
Bismillah...

Naik karena amal ketaatan dan turun karena kemaksiatan.

Iman itu rangkaian terdiri dari keyakinan hati, ucapan lisan dan amalan dengan anggota badan, satu kesatuan yang saling bertautan dan tidak dapat dipisah pisahkan.

Di saat keyakinan dalam hati meningkat, menghasilkan semangat untuk beramal sholeh lebih banyak.

Sedangkan amal sholeh yang banyak berdampak semakin menguatkan keyakinan dalam hati.

Demikian pula halnya dengan ucapan lisan, tatkala iman sedang meningkat menyebabkan lisan senantiasa berzikir dan bertutur kata baik. Dan sebaliknya dzikir dan tutur kata baik menguatkan keyakinan dalam hati.

Allah Ta'ala berfirman:

إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ الَّذِينَ إِذَا ذُكِرَ اللّهُ وَجِلَتْ قُلُوبُهُمْ وَإِذَا تُلِيَتْ عَلَيْهِمْ آيَاتُهُ زَادَتْهُمْ إِيمَانًا وَعَلَى رَبِّهِمْ يَتَوَكَّلُونَ {2}

Sesungguhnya orang-orang yang beriman itu adalah mereka yang apabila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan kepada mereka ayat-ayat-Nya bertambahlah iman mereka (karenanya) dan kepada Tuhan-lah mereka bertawakal, (Al Anfal 2)


Semoga bermanfaat.


https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid0SogGAjsVVAhEjcRkzu3r7yiD35dgaMuYXocfWqTbgDdhxo8dhowsKn6kX26DgSdTl&id=100044302190144

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive