Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Monday, June 12, 2023

Kecerdasan yang Tidak Bercahaya

Bismillah...

Akalnya brilian, ilmunya luas laksana samudera, pemahamannya matang dan produktif mengarang kitab dan menoreh tulisan yang menggerakkan jiwa.

Predikat mufassir, muhaddits, fakih, ahli tarikh dan bahasa, semuanya disandang karena kemahirannya yang betul-betul membikin orang takjub bukan kepalang. 

Tanpa maksud berlebihan, para ulama menjuluki dirinya kala itu dengan "SYAIKHUL ISLAM ABAD SEKARANG".

Siapa dia? Beliau adalah Abdullah Al-Qashimi, sosok alim yang dikenal narsis, puitis, piawai merangkai syair dan kata-kata.

Akan tetapi, hidayah tawfiq sejatinya hanya milik Allah semata, bukan di tangan manusia, bukan pula di tangan Nabi shallallahu 'alaihi wasallam sekalipun. 

Nahas, Abdullah Al-Qashimi menyimpang hingga kemudian membuat dirinya murtad keluar dari Islam diatas limpahan kenikmatan yang dimilikinya.

Murtad bukan karena faktor ekonomi tetapi murtad karena bid'ah filsafat dan kesombongan rasionalitas hingga menjerumuskan dirinya ke dalam jurang kekufuran sampai ajalnya tiba.

Syaikh Al-'Allamah Rabi' bin Hadi Al-Madkhali hafidzhahullah berkata,

"Sebagian ulama ketika menyampaikan nasihat kepadanya, dia menentang dengan kesombongannya, menolak kebenaran, congkak diatas kebatilan hingga murtad dari agamanya."

Begitulah sifat kenikmatan, bukan perkara yang sulit bagi Allah mencabut kenikmatan itu dengan sekejap akibat kesombongan.

Kesombongan yang hakikatnya dikatakan Nabi shallallahu 'alaihi wasallam yaitu menolak kebenaran dan menghinakan manusia.

Semoga Allah senantiasa membimbing kita kepada jalan yang diridhai-Nya, mengaruniakan kepada kita ilmu yang bermanfaat, amal yang saleh serta tidak tertipu dengan kelebihan yang kita punya. 


https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid07TYFVyaC6ETzQ1s1oASWboW8VvEutb9K7zbrpgQsQv7K5cNSFjjawGrYVpDP84yCl&id=100001764454087


https://t.me/manhajulhaq

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive