Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Thursday, June 22, 2023

Nabi ﷺ Mendoakan Di Shaf Pertama 3X dan Di Shaf Kedua 1X

Nabi ﷺ Mendoakan Di Shaf Pertama 3X dan Di Shaf Kedua 1X
Bismillah...

Rasulullah صلى الله عليه و سلم bersabda :

إنَّ اللهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى الصَّفِّ الْأَوَّلِ

"Sesungguhnya Allah dan Malaikat-Nya bershalawat kepada (orang-orang yang) di shaf pertama" (Shahih Ibnu Majah no. 825, hadits dari Abdurrahman bin Auf)

Shalawat dari Allah kepada hamba-Nya adalah limpahan rahmat, pengampunan, pujian, kemuliaan, taufik dan keberkahan dari-Nya. Adapun shalawat dari Malaikat itu memohonkan ampunan. Dan ternyata Rasul ﷺ juga bershalawat kepada orang yang berada di shaf yang pertama 3 kali, dan di shaf yang kedua 1 kali.

Al-'Irbaadh bin Saariyah رضي الله عنه :

أَنَّ رَسُولَ الله صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَسْتَغْفِرُ لِلصَّفِّ الْمُقَدَّمِ ثَلَاثًا وَلِلثَّانِي مَرَّةً

"Bahwasanya Rasulullah ﷺ memohon ampun untuk (orang yang berada pada) shaf pertama tiga kali, & untuk shaf yg kedua sekali" (HR. Ibnu Majah no. 996, Ibnu Khuzaimah no. 1558, dan Ahmad no. 17141, lihat Shahiihut Targhiib 490)

Diriwayatkan pula oleh Ibnu Hibbaan dalam Shahihnya dan juga an-Nasaa'i :

كَانَ يُصَلِّي عَلَى الصَّفِّ الْأَوَّلِ ثَلَاثًا، وَعَلَى الثَّانِي وَاحِدَةً

"Rasul ﷺ bershalawat "(berdoa)" untuk (orang-orang yang berada di) shaf yang pertama "tiga kali", dan untuk shaf yang kedua 1 kali" (Shahihut Targhib no. 490)


Ustadz Najmi Umar Bakkar

https://telegram.me/najmiumar

Instagram : @najmiumar_official

Youtube : najmi umar official

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive