Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Friday, July 14, 2023

Hidayah Bagi Yang Hidup Diatas Sunnah

Hidayah Bagi Yang Hidup Diatas Sunnah
Bismillah...

Diantara keindahan hidup diatas sunnah adalah ia akan selamat dari kesesatan, senantiasa akan mendapat petunjuk, hal ini sebagaimana yang di Firmankan oleh Allah Ta’ala :

قُلْ أَطِيعُوا اللهَ وَأَطِيعُوا الرَّسُولَ فَإِن تَوَلَّوْا فَإِنَّمَا عَلَيْهِ مَاحُمِّلَ وَعَلَيْكُم مَّاحُمِّلْتُمْ وَإِن تُطِيعُوهُ تَهْتَدُوا وَمَا عَلَى الرَّسُولِ إِلاَّ الْبَلاَغُ الْمُبِينُ 

Katakanlah: “Ta’atlah kepada Allâh dan ta’atlah kepada Rasul; dan jika kamu berpaling maka sesungguhnya kewajiban Rasul hanyalah apa yang dibebankan kepadanya, kewajiban kamu adalah apa yang dibebankan kepadamu. Dan jika kamu ta’at kepadanya, niscaya kamu mendapat petunjuk. Dan tiada lain kewajiban Rasul hanya menyampaikan (amanat Allâh) dengan terang”. (QS An Nuur : 54) 

Dalam ayat diatas Allah menjanjikan HIDAYAH bagi yang mentaati Allah dan Rasul-Nya, dan tidak diragukan lagi bahwa orang yang mengikuti SUNNAH adalah mereka yang paling mentaati Allah dan Rasul-Nya.

Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa’di rahimahullah berkata dalam menafsirkan ayat (Dan jika kamu ta’at kepadanya, niscaya kamu mendapat petunjuk), yaitu :

{وَإِنْ تُطِيعُوهُ تَهْتَدُوا} إِلَى الصِّرَاطِ الْمُسْتَقِيْمِ، قَوْلًا وَعَمَلًا فَلَا سَبِيْلَ لَكُمْ إِلَى الْهِدَايَةِ إِلَّا بِطَاعَتِهِ، وَبِدُوْنِ ذَلِكَ، لَا يُمْكِنُ، بَلْ هُوَ مُحَالٌ. 

Menuju jalan yang lurus dalam hal perkataan dan perbuatan. Sehingga tidak ada jalan bagi kamu menuju petunjuk kecuali dengan mentaatinya. Tanpa itu, tidak mungkin, bahkan mustahil” (Tafsir Taisir-Karimir-Rahman, Surat An-Nuur/24:54). 

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

تَرَكْتُ فِيْكُمْ أَمْرَيْنِ لَنْ تَضِلُّوْا مَا تَمَسَّكْتُمْ بِهِمَا : كِتَابَ اللهِ وَ سُنَّةَ رَسُوْلِهِ 

Aku telah tinggalkan pada kamu dua perkara. Kamu tidak akan sesat selama berpegang kepada keduanya, (yaitu) Kitab Allah dan Sunnah Rasul-Nya. (HR. Malik) Maka tidak ada jalan keselamatan dari kesesatan selain jalan Sunnah, yang oleh Imam Malik rahimahullah diibaratkan sebagai Kapal Nabi Nuh, siapa yang naik maka akan selamat dan siapa yang tertinggal maka ia akan binasa.


https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid05rWTtEr32TnJT9PMLWWXYGPNVbRpZqVv2r6gRVBstx3tS9BBKKRVZqyWkAz9mtpBl&id=100066953493857


https://abughozie.com/?p=1313


Oleh : Ustadz Abu Ghozie As Sundawie

➖➖➖➖➖➖➖➖

📲 Abu Ghozie Official

www.abughozie.com

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive