Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Friday, July 14, 2023

Rendahkankah Suaramu

Rendahkankah Suaramu
Bismillah...

Dari Ma'n bin Isa, dia berkata, "Malik bin Anas rahimahullah apabila beliau hendak membacakan hadits maka beliau mandi, membakar gaharu, dan membaluri tubuhnya dengan minyak wangi. 

Jika ada orang yang mengangkat suaranya ketika beliau membacakan hadits maka beliau menegurnya sembari mengatakan, 

'Rendahkankah suaramu karena Allah ta'ala berfirman,

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ لَا تَرْفَعُوٓا۟ أَصْوَٰتَكُمْ فَوْقَ صَوْتِ ٱلنَّبِىِّ وَلَا تَجْهَرُوا۟ لَهُۥ بِٱلْقَوْلِ كَجَهْرِ بَعْضِكُمْ لِبَعْضٍ أَن تَحْبَطَ أَعْمَٰلُكُمْ وَأَنتُمْ لَا تَشْعُرُونَ

إِنَّ ٱلَّذِينَ يَغُضُّونَ أَصْوَٰتَهُمْ عِندَ رَسُولِ ٱللَّهِ أُو۟لَٰٓئِكَ ٱلَّذِينَ ٱمْتَحَنَ ٱللَّهُ قُلُوبَهُمْ لِلتَّقْوَىٰ ۚ لَهُم مَّغْفِرَةٌ وَأَجْرٌ عَظِيمٌ

"Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu meninggikan suaramu melebihi suara Nabi, dan janganlah kamu berkata kepadanya dengan suara yang keras, sebagaimana kerasnya suara sebagian kamu terhadap sebagian yang lain, supaya tidak hapus (pahala) amalanmu, sedangkan kamu tidak menyadari"

"Sesungguhnya orang yang merendahkan suaranya di sisi Rasulullah mereka itulah orang-orang yang telah diuji hati mereka oleh Allah untuk bertakwa. Bagi mereka ampunan dan pahala yang besar"

(QS. Al-Hujurat: 2-3)

Barangsiapa mengangkat suaranya ketika hadits dibacakan maka seakan-akan dia mengangkat suaranya melebihi suara Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam.

(Tahdzibul Kamal 11/111)


https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid0sgny35mXzByzecqX39gNaeRZ5HKBVmELNNe633rPnRFG2wfqrg9iT2GUXHQmdN21l&id=100001764454087


https://t.me/manhajulhaq

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive