Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Saturday, July 1, 2023

Hukum Menyimpan Daging Qurban Berhari-hari

Hukum Menyimpan Daging Qurban Berhari-hari
Bismillah...

Bismillah was shalatu was salamu ‘ala Rasulillah, amma ba’du,

Ulama berbeda pendapat tentang hukum menyimpan daging qurban melebihi hari tasyrik..

☝๐Ÿผ PENDAPAT PERTAMA

Dilarang menyimpan dan mengawetkan daging qurban melebih 3 hari Tasyriq

Pendapat ini diriwayatkan dari Ali bin Abi Thalib dan Ibnu Umar Radhiyallahu ‘anhum.

• Ali bin Abi Thalib Radhiyallahu ‘anhu pernah berkhutbah ketika shalat idul adha,  melarang menyimpan daging qurban lebih dari 3 hari.

• Dari Abu Ubaid (mantan budak Ibnu Azhar) beliau menceritakan,

ุตู„َّูŠْุชُ ู…َุนَ ุนَู„ِู‰ِّ ุจْู†ِ ุฃَุจِู‰ ุทَุงู„ِุจٍ – ู‚َุงู„َ – ูَุตَู„َّู‰ ู„َู†َุง ู‚َุจْู„َ ุงู„ْุฎُุทْุจَุฉِ ุซُู…َّ ุฎَุทَุจَ ุงู„ู†َّุงุณَ ูَู‚َุงู„َ ุฅِู†َّ ุฑَุณُูˆู„َ ุงู„ู„َّู‡ِ -ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…- ู‚َุฏْ ู†َู‡َุงูƒُู…ْ ุฃَู†ْ ุชَุฃْูƒُู„ُูˆุง ู„ُุญُูˆู…َ ู†ُุณُูƒِูƒُู…ْ ูَูˆْู‚َ ุซَู„ุงَุซِ ู„َูŠَุงู„ٍ ูَู„ุงَ ุชَุฃْูƒُู„ُูˆุง

Aku pernah shalat id bersama Ali bin Abi Thalib Radhiyallahu ‘anhu. Beliau shalat sebelum khutbah. Kemudian beliau berkhutbah, mengingatkan masyarakat.. 

Beliau menyampaikan, "Sesungguhnya Rasulullah ๏ทบ melarang kalian untuk makan daging qurban kalian lebih dari 3 hari. Karena itu, janganlah kalian makan (lebih dari 3 hari)."

(HR. Muslim 5210, dan Nasai 4442)

• Sementara riwayat dari Ibnu Umar, bahwa beliau tidak mau makan daging qurban yang disimpan lebih dari 3 hari.

• Dari Salim (putra Ibnu Umar) bahwa Ibnu Umar mengatakan,

ุฃَู†َّ ุฑَุณُูˆู„َ ุงู„ู„َّู‡ِ -ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…- ู†َู‡َู‰ ุฃَู†ْ ุชُุคْูƒَู„َ ู„ُุญُูˆู…ُ ุงู„ุฃَุถَุงุญِู‰ ุจَุนْุฏَ ุซَู„ุงَุซٍ

"Bahwa Rasulullah ๏ทบ melarang makan daging sembelihan lebih dari 3 hari."

• Salim menceritakan kondisi bapaknya,

ูَูƒَุงู†َ ุงุจْู†ُ ุนُู…َุฑَ ู„ุงَ ูŠَุฃْูƒُู„ُ ู„ُุญُูˆู…َ ุงู„ุฃَุถَุงุญِู‰ِّ ูَูˆْู‚َ ุซَู„ุงَุซٍ

"Karena itu, Ibnu Umar tidak mau makan daging qurban lebih dari 3 hari." 

(HR. Muslim 5214 dan Ibnu Hibban 5924)

✌๐Ÿผ PENDAPAT KEDUA

Boleh menyimpan daging qurban lebih dari 3 hari tasyriq

Ini merupakan pendapat mayoritas ulama dari kalangan sahabat, tabi’in, empat imam madzhab, dan selainnya.

Diantaranya diriwayatkan dari A’isyah Radhiyallahu ‘anha. Dari Abdurrahman bin Abis dari ayahnya, bahwa beliau pernah bertanya kepada A’isyah, "Benarkah Rasulullah ๏ทบ pernah melarag makan daging qurban lebih dari 3 hari?"

• Jawab A’isyah Radhiyallahu ‘anha,

ู…َุง ูَุนَู„َู‡ُ ุฅِู„ุงَّ ูِู‰ ุนَุงู…ٍ ุฌَุงุนَ ุงู„ู†َّุงุณُ ูِูŠู‡ِ ، ูَุฃَุฑَุงุฏَ ุฃَู†ْ ูŠُุทْุนِู…َ ุงู„ْุบَู†ِู‰ُّ ุงู„ْูَู‚ِูŠุฑَ ، ูˆَุฅِู†ْ ูƒُู†َّุง ู„َู†َุฑْูَุนُ ุงู„ْูƒُุฑَุงุนَ ูَู†َุฃْูƒُู„ُู‡ُ ุจَุนْุฏَ ุฎَู…ْุณَ ุนَุดْุฑَุฉَ

"Beliau hanya melarang hal itu karena kelaparan yang dialami sebagian masyarakat. sehingga beliau ingin agar orang yang kaya memberikan makanan (daging qurban) kepada orang miskin. Karena kami menyimpan dan mengambili daging paha kambing, lalu kami memakannya setelah 15 hari.

(HR. Bukhari 5107)

Diantara dalil pendapat ini adalah bahwa larangan makan daging qurban lebih dari 3 hari itu sudah dihapus. Ada beberapa hadits yang menunjukkan hal itu, diantaranya,

1. Hadits dari Salamah bin al-Akwa’ radhiyallahu ‘anhu, bahwa Nabi ๏ทบ bersabda,

« ู…َู†ْ ุถَุญَّู‰ ู…ِู†ْูƒُู…ْ ูَู„ุงَ ูŠُุตْุจِุญَู†َّ ุจَุนْุฏَ ุซَุงู„ِุซَุฉٍ ูˆَูِู‰ ุจَูŠْุชِู‡ِ ู…ِู†ْู‡ُ ุดَู‰ْุกٌ » . ูَู„َู…َّุง ูƒَุงู†َ ุงู„ْุนَุงู…ُ ุงู„ْู…ُู‚ْุจِู„ُ ู‚َุงู„ُูˆุง ูŠَุง ุฑَุณُูˆู„َ ุงู„ู„َّู‡ِ ู†َูْุนَู„ُ ูƒَู…َุง ูَุนَู„ْู†َุง ุนَุงู…َ ุงู„ْู…َุงุถِู‰ ؟ ู‚َุงู„َ : « ูƒُู„ُูˆุง ูˆَุฃَุทْุนِู…ُูˆุง ูˆَุงุฏَّุฎِุฑُูˆุง ูَุฅِู†َّ ุฐَู„ِูƒَ ุงู„ْุนَุงู…َ ูƒَุงู†َ ุจِุงู„ู†َّุงุณِ ุฌَู‡ْุฏٌ ูَุฃَุฑَุฏْุชُ ุฃَู†ْ ุชُุนِูŠู†ُูˆุง ูِูŠู‡َุง »

Barangsiapa yang menyembelih hewan qurban, janganlah dia menyisakan sedikitpun dagingnya di dalam rumahnya setelah hari (Tasyriq) yang ketiga (tanggal 13 Dzulhijjah).” 

Ketika tiba hari raya qurban tahun berikutnya, mereka (para sahabat) bertanya, “Wahai Rasulullah, apakah kami melakukan sebagaimana tahun lalu?” 

Beliu ๏ทบ menjawab, 

(Tidak), untuk sekarang, silahkan kalian makan, berikan kepada yang lain, dan silahkan menyimpannya. Karena sesungguhnya pada tahun lalu manusia ditimpa kesulitan (kelaparan), sehingga aku ingin kalian membantu mereka (yang membutuhkan makanan).”

(HR. Bukhari no. 5249, dan Muslim no.1974)

2. Dari Abu Sa’id al-Khudri radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah ๏ทบ bersabda,

« ูŠَุง ุฃَู‡ْู„َ ุงู„ْู…َุฏِูŠู†َุฉِ ู„ุงَ ุชَุฃْูƒُู„ُูˆุง ู„ُุญُูˆู…َ ุงู„ุฃَุถَุงุญِู‰ِّ ูَูˆْู‚َ ุซَู„ุงَุซَุฉِ ุฃَูŠَّุงู…ٍ ». ูَุดَูƒَูˆْุง ุฅِู„َู‰ ุฑَุณُูˆู„ِ ุงู„ู„َّู‡ِ -ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…- ุฃَู†َّ ู„َู‡ُู…ْ ุนِูŠَุงู„ุงً ูˆَุญَุดَู…ًุง ูˆَุฎَุฏَู…ًุง ูَู‚َุงู„َ : « ูƒُู„ُูˆุง ูˆَุฃَุทْุนِู…ُูˆุง ูˆَุงุญْุจِุณُูˆุง ุฃَูˆِ ุงุฏَّุฎِุฑُูˆุง » ุฑูˆุงู‡ ู…ุณู„ู…

Wahai penduduk kota Madinah, janganlah kalian makan daging qurban melebihi tiga hari (Tasyriq, tanggal 11, 12 dan 13 Dzulhijjah).”

Mereka mengadu kepada Rasulullah ๏ทบ bahwa mereka memiliki keluarga, sejumlah orang (kerabat) dan pembantu. Kemudian Rasulullah ๏ทบ bersabda,

(Kalau begitu) silakan kalian memakannya, memberikannya kepada yang lain, menahannya atau menyimpannya.

(HR. Muslim no.1973)

✋๐Ÿผ SANGGAHAN

Sebagian ulama memahami riwayat Ali bin Abi Thalib di atas bahwa ada kemungkinan Ali tidak mendengar bahwa Nabi ๏ทบ telah menghapus hukum larangan memakan daging qurban lebih dari 3 hari.

(al-I’tibar fi Nasikh wa Mansukh, hlm. 297)

Berdasarkan keterangan diatas, tidak masalah seseorang menyimpan daging qurbannya. Dan dalam hal ini tidak ada batas maksimal penyimpanan. Karena Nabi ๏ทบ tidak memberikan batas waktu maksimal penyimpanan hasil qurban itu.


Allahu a’lam..


✒️Ustadz Ammi Nur Baits ุญูุธู‡ ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰


๐ŸŒ https://konsultasisyariah.com/23596-batas-maksimal-boleh-menyimpan-daging-qurban.html

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive