Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Friday, July 28, 2023

Islam Itu Hanya Satu

Islam Itu Hanya Satu
Bismillah...

"Itu kan Islam Arab. Islam Arab berbeda dengan Islam Indonesia ...."

Begitulah komentar para pelaku Bidah ketika didakwahkan atau mendengar dakwah dari seorang Ahli Ilmu yang ilmunya sangat luas dari Arab.

Pernahkan kalian mendengar jika Allah Azza Wa Jalla mengatakan, "Wahai Islam Arab" atau "Wahai Islam Indonesia" ? Jawabannya tidak. Allah Azza Wa Jalla langsung mengatakan "WAHAI MANUSIA", sebagaimana Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

يٰۤـاَيُّهَا النَّا سُ اتَّقُوْا رَبَّكُمُ الَّذِيْ خَلَقَكُمْ مِّنْ نَّفْسٍ وَّا حِدَةٍ وَّخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَا لًا كَثِيْرًا وَّنِسَآءً ۚ وَا تَّقُوا اللّٰهَ الَّذِيْ تَسَآءَلُوْنَ بِهٖ وَا لْاَ رْحَا مَ ۗ اِنَّ اللّٰهَ كَا نَ عَلَيْكُمْ رَقِيْبًا

"Wahai manusia! Bertakwalah kepada Tuhanmu yang telah menciptakan kamu dari diri yang satu (Adam), dan (Allah) menciptakan pasangannya (Hawa) dari (diri)nya; dan dari keduanya Allah memperkembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Bertakwalah kepada Allah yang dengan nama-Nya kamu saling meminta dan (peliharalah) hubungan kekeluargaan. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasimu." (QS. An-Nisa' [4] :1)

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

قُلْ يٰۤاَ يُّهَا النَّا سُ قَدْ جَآءَكُمُ الْحَـقُّ مِنْ رَّبِّكُمْ ۚ فَمَنِ اهْتَدٰى فَاِ نَّمَا يَهْتَدِيْ لِنَفْسِهٖ ۚ وَمَنْ ضَلَّ فَاِ نَّمَا يَضِلُّ عَلَيْهَا ۚ وَمَاۤ اَنَاۡ عَلَيْكُمْ بِوَكِيْلٍ 

"Katakanlah (Muhammad), "Wahai manusia! Telah datang kepadamu kebenaran (Al-Qur'an) dari Tuhanmu, sebab itu barang siapa mendapat petunjuk maka sebenarnya (petunjuk itu) untuk (kebaikan) dirinya sendiri. Dan barang siapa sesat, sesungguhnya kesesatannya itu (mencelakakan) dirinya sendiri. Dan aku bukanlah pemelihara dirimu."" (QS. Yunus [10] : 108)

Dan MANUSIA ini mencakup seluruh umat MANUSIA yang ada di muka bumi, terlepas dari dia berasal dari mana, dari suku apa, Negara apa, atau apa warna kulitnya.

Maka tidak ada yang namanya Islam Arab atau Islam Indonesia.

Islam itu hanya satu, Islam yang di bawa oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, dan hukumnya berlaku secara universal.

Hukumnya sama dari satu tempat ke tempat lainnya.

Jika suatu perkara dikatakan Haram, Bidah Dan Syirik berdasarkan Al Quran Dan As Sunnah dengan Pemahaman Para As Salaf Ash Shalih, maka berlaku Haram, Bidah Dan Syirik untuk seluruh umat manusia.

Sehingga tidak ada pengkotak-kotakan Islam Indonesia, Islam Arab, Dan seterusnya.

Bagi siapa pun yang mengkotak-kotakan Islam berdasarkan batas wilayah, atau bahkan berdasarkan suku dan Ras, maka ia telah bertasyabbuh kepada sifat kekhususan orang kafir yang memecah agama Allah menjadi beberapa golongan.

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

وَلَا تَكُوْنُوْا مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ مِنَ الَّذِيْنَ فَرَّقُوْا دِيْنَهُمْ وَكَا نُوْا شِيَعًا ۗ كُلُّ حِزْبٍ بِۢمَا لَدَيْهِمْ فَرِحُوْنَ

"Dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang menyekutukan Allah, yaitu orang-orang yang memecah belah agama mereka dan mereka menjadi beberapa golongan. Setiap golongan merasa bangga dengan apa yang ada pada golongan mereka." (QS. Ar Rum [30] : 31-32)

Islam itu hanya satu yaitu mengikuti Al Quran Dan Sunnah dengan Pemahaman Para Sahabat radhiyallahu 'anhu jami'an, Dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik dan benar, atau secara sederhananya

Yang berpegang teguh kepada apa yang diamalkan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dan Para Sahabat radhiyallahu 'anhu jami'an, baik itu perkara I'tiqadiyah dan amaliyyah, DAN MENINGGALKAN apa yang bukan menjadi bagian dari I'tiqadiyah dan amaliyyah mereka. Dan bagi yang mengamalkan suatu perkara yang bukan bagian dari I'tiqadiyah dan amaliyyah mereka, maka ia telah berbuat perkara baru (Bidah) dalam syariat.


https://www.facebook.com/100081182600047/posts/pfbid02qWmemk94edckyNsAjUnqqx6vBj6mhFh97trWAGXD32uvkJs39BZ5Kn86kf96aF7kl/


Atha bin Yussuf

https://t.me/AthaBinYussuf

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive