Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Wednesday, August 9, 2023

Agar Hati Bersatu

Agar Hati Bersatu
Bismillah...

Seorang wanita mengatakan:

"Aku, sepanjang waktu, kerapkali berdoa dengan doa nabi shallallahu alaihi wasallam -kita melalaikan doa ini-

اللَّهُمَّ أَلِّفْ بَيْنَ قُلُوبِنَا وَأَصْلِحْ ذَاتَ بَيْنِنَا وَاهْدِنَا سُبُلَ السَّلاَمِ 

ALLAHUMMA ALLIF BAYNA QULUUBINAA, WA ASHLIH DZAATA BAYNINAA, WAHDINAA SUBULAS SALAAM

Ya Allah, satukanlah hati kami. Perbaikilah keadaan kami. Tunjukilah kami jalan-jalan keselamatan (menuju surga)."

Setelah itu, aku mendapati ketenangan di rumah. Demikian pula -ketenangan- bersama anak-anakku yang dewasa, suamiku, keluarga dan setiap orang yang ada di sekitarku." 

[Selesai kutipan terjemahan dari SS yang kami tampilkan]

_____

Nabi kita –shallallahu ‘alaihi wa sallam– mengajarkan do'a ketika tasyahud akhir sebelum salam:

اللَّهُمَّ أَلِّفْ بَيْنَ قُلُوبِنَا وَأَصْلِحْ ذَاتَ بَيْنِنَا وَاهْدِنَا سُبُلَ السَّلاَمِ وَنَجِّنَا مِنَ الظُّلُمَاتِ إِلَى النُّورِ وَجَنِّبْنَا الْفَوَاحِشَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ وَبَارِكْ لَنَا فِى أَسْمَاعِنَا وَأَبْصَارِنَا وَقُلُوبِنَا وَأَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا وَتُبْ عَلَيْنَا إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ وَاجْعَلْنَا شَاكِرِينَ لِنِعْمَتِكَ مُثْنِينَ بِهَا قَابِلِيهَا وَأَتِمَّهَا عَلَيْنَا

ALLAHUMMA ALLIF BAYNA QULUUBINAA, WA ASHLIH DZAATA BAYNINAA, WAHDINAA SUBULAS SALAAM, WA NAJJINAA MINAZH ZHULUMAATI ILANNUUR. WA JANNIBNAAL FAWAHISYA MAA ZHOHARA MINHA WA MAA BATHON. WA BAARIK LANAA FII ASMAA’INAA WA AB-SHOORINAA WA QULUUBINAA WA AZWAAJINAA WA DZURRIYATINAA. WA TUB ‘ALAYNAA INNAKA ANTAT TAWWABUR RAHIIM. WAJ’ALNAA SYAKIRIINA LI NI’MATIKA MUTSNIINA BIHAA QOOBILIIHA WA ATIMMAHA ‘ALAINAA.

Ya Allah, satukanlah hati kami. Perbaikilah keadaan kami. Tunjukilah kami jalan-jalan keselamatan (menuju surga). Selamatkanlah kami dari kegelapan menuju cahaya. Jauhkanlah kami dari perbuatan keji yang nampak maupun tersembunyi. Berkahilah pendengaran, penglihatan, hati, istri, dan keturunan kami. Terimalah taubat kami, sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Jadikanlah kami hamba yang bersyukur atas nikmat-Mu, terus memuji-Mu dan menerima nikmat tersebut, dan sempurnakanlah nikmat tersebut pada kami.” (HR. Abu Daud, no. 969, dari ‘Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu. Hadits ini juga dikeluarkan oleh Al-Baihaqi dalam Al-Qadha’ wa Al-Qadr dari hadits Abu Daud, asalnya dikeluarkan oleh Tirmidzi)

Hati yang bersatu antar anggota keluarga, antar saudara, antar sesama penuntut ilmu, antar sesama da'i akan saling mencintai hingga kuat dalam iman dan ketaatan, kuat pula dalam menyebarkan risalah tauhid.

Setelah do'a agar hati bersatu, potongan do'a ma'tsur tsb mengajarkan seorang muslim meminta kepada Allah perbaikan keadaan hingga jauh dari perselisihan, keretakan, pertengkaran, dan semacamnya yang akhirnya akan meregangkan hubungan.

Setelah cinta, kasih sayang, keterpautan hati, dan jauh dari perselisihan yang meregangkan, seorang muslim meminta kepada Rabbnya agar diberi petunjuk dalam menelusuri subul as-salam (jalan-jalan keselamatan).

Tak lain perjalanan kita ini berujung dan berlabuh di Surga. Tak mudah menelusuri jalan panjang ini. Karena itu, hati tak akan kuat dan bahagia menyusuri jalan keselamatan kecuali semata taufik dari Allah. Dibutuhkan doa utk saling menguatkan.

Jalan keselamatan adalah rute bebas dari bencana dan kesesatan. Ini semua tidak akan teraih kecuali dengan menuntut ilmu syar'i dan melaksanakan amal shalih baik wajib maupun sunnahnya disertai menjauhkan diri sejauh-jauhnya dari hal-hal haram dan dibenci Allah, hingga akhirnya kita menjumpai Allah di dar as-Salam, Surga negeri keselamatan 

۞ لَهُمْ دَارُ ٱلسَّلَـٰمِ عِندَ رَبِّهِمْ ۖ وَهُوَ وَلِيُّهُم بِمَا كَانُوا۟ يَعْمَلُونَ

"Bagi mereka (disediakan) darussalam (surga) pada sisi Tuhannya dan Dialah Pelindung mereka disebabkan amal-amal saleh yang selalu mereka kerjakan." (QS Al-An'am/6 ayat 127)


https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid02mtSTKe2wiostnvNu5SE7SPCrKbzm2xsyVi1iwCLf5MFKiHn6VHoc23hT7b4Y8LgGl&id=100002050773824

__

Yani Fahriansyah

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive