Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Thursday, August 24, 2023

Keutamaan Sahabat Sa'ad bin Abu Waqqash رضي الله عنه (Bag. 1)

Keutamaan Sahabat Sa'ad bin Abu Waqqash رضي الله عنه (Bag. 1)
Bismillah...

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَامِرِ بْنِ رَبِيعَةَ أَنَّ عَائِشَةَ قَالَتْ

سَهِرَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَقْدَمَهُ الْمَدِينَةَ لَيْلَةً فَقَالَ لَيْتَ رَجُلًا صَالِحًا مِنْ أَصْحَابِي يَحْرُسُنِي اللَّيْلَةَ قَالَتْ فَبَيْنَا نَحْنُ كَذَلِكَ سَمِعْنَا خَشْخَشَةَ سِلَاحٍ فَقَالَ مَنْ هَذَا قَالَ سَعْدُ بْنُ أَبِي وَقَّاصٍ فَقَالَ لَهُ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَا جَاءَ بِكَ قَالَ وَقَعَ فِي نَفْسِي خَوْفٌ عَلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَجِئْتُ أَحْرُسُهُ فَدَعَا لَهُ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ثُمَّ نَامَ

Dari 'Abdillah bin 'Amir bin Rabi'ah bahwa 'Aisyah dia berkata, "Pada malam pertama setibanya di Madinah, RasululIah ﷺ selalu jaga dan tidak pernah tidur. Setelah itu beliau pun berkata, _'Semoga ada seorang laki-laki yang shalih dari para sahabatku ini yang akan menjagaku pada malam ini'."

Aisyah berkata, "Ketika kami dalam keadaan seperti itu, tiba-tiba kami mendengar suara senjata.. 

Kemudian Rasulullah bertanya, "Siapa kamu?

Orang itu menjawab, "Sa'ad bin Abi Waqqash".

Rasulullah ﷺ bertanya lagi, "Mengapa kamu datang kemari ya Sa'ad?". 

Sa'ad bin Abi Waqqash menjawab, "Didalam benak saya kekhawatiran terhadap diri Rasulullah ﷺ. OIeh karena itu, saya datang kesini untuk menjaganya". 

"Kemudian Rasulullah pun mendo'akan kebaikan bagi Sa'ad dan setelah itu beliau tidur".

(HR. Imam Muslim no. 2410 Kitab Keutamaan Sahabat, Bab Keutamaan Sa'ad bin Abu Waqqash radhiyallahu 'anhu, Syarh Shahih Muslim)

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive