๐Pertanyaan :
"Saya sering melakukan puasa sunnah pada hari Senin dan Kamis. Suatu hari, pada saat saya sedang puasa sunnah, istri mengajak melakukan hubungan suami istri. Yang kami tanyakan, apakah hukum perbuatan kami ini ? Apakah yang kami lakukan ini termasuk dosa besar ? Jazรขkumullรขh khairan".
๐Jawaban :
Barangsiapa yang telah berniat melakukan puasa sunnah, maka sebaiknya ia menyempurnakan puasanya. Tetapi, ia juga boleh membatalkan puasa sunnah. Sebab dalam masalah puasa sunnah, pelaku bisa mengatur dirinya. Berdasarkan dalil-dalil di bawah ini :
ุนููู ุนูุงุฆูุดูุฉู ุฃูู ูู ุงููู ูุคูู ูููููู ููุงููุชู: ุฏูุฎููู ุนูููููู ุงููููุจูููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ุฐูุงุชู ููููู ู ููููุงูู ยซ ูููู ุนูููุฏูููู ู ุดูููุกู ยป. ููููููููุง ูุงู. ููุงูู ยซ ููุฅููููู ุฅูุฐูุง ุตูุงุฆูู ู ยป. ุซูู ูู ุฃูุชูุงููุง ููููู ูุง ุขุฎูุฑู ููููููููุง ููุง ุฑูุณูููู ุงูููููู ุฃูููุฏููู ููููุง ุญูููุณู. ููููุงูู ยซ ุฃูุฑููููููู ููููููุฏู ุฃูุตูุจูุญูุชู ุตูุงุฆูู ูุง ยป. ููุฃููููู
Aisyah berkata, Rasulullah bertanya kepadaku, โApakah kamu memiliki sesuatu (makanan)?".
Aku menjawab, โTidak ada apa-apaโ.
Beliau bersabda, โKalau begitu aku akan melanjutkan puasakuโ. Lalu beliau keluar.
Kemudian kami diberi hadiah, atau seseorang berziarah kepadaku (dengan membawa hadiah). Tatkala Rasulullah pulang, aku berkata, โWahai Rasulullah, kami diberi hadiah atau ada seseorang yang berziarah kepadaku, dan aku telah menyisakan buatmuโ.
Kemudian beliau bertanya, โApa itu?โ.
Aku berkata, โHaisun (sejenis makanan dari kurma, minyak samin dan tepung)โ
Beliau berkata, โBawalah kemariโ.
Lalu aku menghidangkannya. Kemudian Beliau memakannya dan berkata, โSungguh aku tadi telah berniat untuk puasaโ.
(HR Muslim)
Imam Nawawi rahimahullah berkata, โBagi Imam Syรขfiโi rahimahullah dan para โUlama yang sependapat dengannya, dalam riwayat yang kedua terdapat dalil yang jelas, bahwa puasa nรขfilah (sunat) boleh dibatalkan, dan makan di tengah-tengah hari dan batal puasanya karena ia adalah nรขfilah. Puasa nรขfilah ada pada pilihan manusia, baik waktu memulai atau diteruskan atau tidak. Ini adalah merupakan pendapat kebanyakan para Sahabat, Imam Ahmad, Ishรขk dan yang lainnya. Hanya saja, mereka sepakat bahwa menyempurnakan puasa sunnah adalah disunnahkanโ.
(Syarah shahรฎh muslim, 4/291)
Pendapat ini pun diperkuat oleh hadits Abu Juhaifah, Tentang kisah Salmรขn dan Abu Darda Radhiyallahu anhuma,
ุขุฎูู ุงููููุจูููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ุจููููู ุณูููู ูุงูู ููุฃูุจูู ุงูุฏููุฑูุฏูุงุกู ููุฒูุงุฑู ุณูููู ูุงูู ุฃูุจูุง ุงูุฏููุฑูุฏูุงุกู ููุฑูุฃูู ุฃูู ูู ุงูุฏููุฑูุฏูุงุกู ู ูุชูุจูุฐููููุฉู ููููุงูู ููููุง ู ูุง ุดูุฃููููู ููุงููุชู ุฃูุฎูููู ุฃูุจูู ุงูุฏููุฑูุฏูุงุกู ููููุณู ูููู ุญูุงุฌูุฉู ููู ุงูุฏููููููุง ููุฌูุงุกู ุฃูุจูู ุงูุฏููุฑูุฏูุงุกู ููุตูููุนู ูููู ุทูุนูุงู ูุง ููููุงูู ูููู ููุงูู ููุฅููููู ุตูุงุฆูู ู ููุงูู ู ูุง ุฃูููุง ุจูุขูููู ุญูุชููู ุชูุฃููููู ููุงูู ููุฃููููู ููููู ููุง ููุงูู ุงูููููููู ุฐูููุจู ุฃูุจูู ุงูุฏููุฑูุฏูุงุกู ูููููู ู ููุงูู ููู ู ููููุงู ู ุซูู ูู ุฐูููุจู ูููููู ู ููููุงูู ููู ู ููููู ููุง ููุงูู ู ููู ุขุฎูุฑู ุงูููููููู ููุงูู ุณูููู ูุงูู ููู ู ุงููุขูู ููุตููููููุง ููููุงูู ูููู ุณูููู ูุงูู ุฅูููู ููุฑูุจูููู ุนููููููู ุญููููุง ููููููููุณููู ุนููููููู ุญููููุง ููููุฃููููููู ุนููููููู ุญููููุง ููุฃูุนูุทู ููููู ุฐูู ุญูููู ุญูููููู ููุฃูุชูู ุงููููุจูููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ููุฐูููุฑู ุฐููููู ูููู ููููุงูู ุงููููุจูููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ุตูุฏููู ุณูููู ูุงูู
Bahwa Nabi Shallallahu โalaihi wa sallam mempersaudarakan Salmรขn dan Abu Darda Radhiyallahu anhuma. Maka Salmรขn Radhiyallahu anhu membuat makanan buat Abu Darda Radhiyallahu anhu, kemudian ia berkata kepada Abu Darda Radhiyallahu anhu, โMakanlahโ !
Ia berkata, โAku sedang puasaโ.
Salmรขn Radhiyallahu anhu berkata, โAku tidak akan makan sehingga kamu makanโ. Lalu Abu Darda Radhiyallahu anhu makan.
Salmรขn Radhiyallahu anhu berkata kepada Abu Darda Radhiyallahu anhu, โSesungguhnya bagi rabb-Mu memiliki hak atasmu dan jiwamu memiliki hak atasmu, juga keluargamu mimiliki atasmu ada hak. Maka, berikan setiap hak kepada memiliki hakโ.
Lalu Abu Darda Radhiyallahu anhu datang kepada Nabi Shallallahu โalaihi wa sallam. Maka beliau berkata kepadanya, โBenar ucapan Salmรขn".
(HR Bukhรขri, no. 1967)
Dalam hadits ini disebutkan bahwa Abu Darda Radhiyallahu anhu berbuka setelah ia meniatkan puasa dan Nabi Shallallahu โalaihi wa sallam tidak memerintahkannya untuk mengqadha puasanya.
Demikian juga dikuatkan oleh hadits,
ุนููู ุฌูุงุจูุฑู ููุงูู ููุงูู ุฑูุณูููู ุงูููููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ุฅูุฐูุง ุฏูุนููู ุฃูุญูุฏูููู ู ุฅูููู ุทูุนูุงู ู ููููููุฌูุจู ููุฅููู ุดูุงุกู ุทูุนูู ู ููุฅููู ุดูุงุกู ุชูุฑููู
Jรขbir bin โAbdillรขh berkata, Nabi Shallallahu โalaihi wa sallam bersabda, โApabila salah seorang di antara kamu diundang kepada suatu makanan (perjamuan), maka penuhilah undangannya. Apabila hendak memakannya maka makanlah, dan apabila tidak ingin maka tinggalkanlahโ.
(HR Muslim ,at-Timidzi, Ibnu Mรขjah, Ahmad, al-Baihaqi)
Juga hadits,
ุนููู ุฃูู ูู ููุงููุฆู ูููููู ุฌูุฏููุชููู : ุฃูููู ุฑูุณููููู ุงูููู ุตููููู ุงูููู ุนููููููู ููุณููููู ู ุฏูุฎููู ุนูููููููุง ููููู ู ุงููููุชูุญู ููุฃูุชููู ุจูุฅููุงูุกู ููุดูุฑูุจู ุซูู ูู ูุงููููููููู ููููููุชู ุฅูููููู ุตูุงุฆูู ูุฉู ููููุงูู ุฑูุณููููู ุงูููู ุตููููู ุงูููู ุนููููููู ููุณููููู ู ุงููู ูุชูุทููููุนู ุฃูู ูููุฑู ููููุณููู ููุฅููู ุดูุฆูุชู ููุตูููู ููู ููุฅููู ุดูุฆูุชู ููุฃูููุทูุฑููู
Dari Umi Hรขni, bahwa Rasulullah Shallallahu โalaihi wa salam masuk kepadanya pada hari putuh Mekah, lalu didatangkan kepadanya air, lalu beliau meminumnya, kemudian Nabi memberikan kepadaku.
Maka aku berkata, โAku sedang puasa".
Maka Rasulullah Shallallahu โalaihi wa sallam bersabda, โOrang yang puasa sunnah, maka ia adalah amir atas dirinya. Jika kamu mau puasa maka puasalah, dan apabila ingin buka maka bukalahโ.
(HR al-Hรขkim, al-Baihaqi, an-Nasรขi dan Ahmad. Hadit ini dishahรฎhkan oleh Syaikh al-Albรขni)
Maka tidak berdosa apabila seorang sedang puasa sunnah, membatalkan puasanya karena istrinya mengajak jima` atau sebaliknya, berdasarkan dalil-dalil di atas.
[Disalin dari majalah As-Sunnah Edisi Edisi 06-07/Tahun XIII/1430H/2009M. Diterbitkan Yayasan Lajnah Istiqomah Surakarta]
===============================
Wallahu a'lam bishawab.
Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. โBarangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannyaโ. [HR Muslim, 3509].
Jazaakumullahu khairan.