Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Saturday, August 19, 2023

Salah Satu Penyebab Dicabutnya Pemahaman Terhadap Al-Qur'an, Meski Ia Seorang Ulama

Salah Satu Penyebab Dicabutnya Pemahaman Terhadap Al-Qur'an, Meski Ia Seorang Ulama
Bismillah...

✍๐Ÿป Syaikh al-'Allamah Bakr Abu Zaid rahimahullah membawakan riwayat dari Sufyan bin Sa'id ats-Tsawri beliau berkata,

ูƒู†ุช ุฃูˆุชูŠุช ูู‡ู… ุงู„ู‚ุฑุขู† ูู„ู…ุง ู‚ุจู„ุช ุงู„ุตุฑุฉ ุณู„ุจุชู‡

"Dahulu aku dianugerahi pemahaman tentang Al-Qur'an akan tetapi setelah aku menerima "SHURRAH" hilanglah pemahaman itu dariku.

๐Ÿ“š Tadzkiratus Sami' hlm. 19

๐Ÿ‘ค Syaikh al-'Allamah al-Utsaimin rahimahullah memberikan penjelasan,

✨ "Shurrah yaitu hadiah dari penguasa, ketika Sufyan menerima pemberian itu hilanglah pemahaman beliau terhadap agama.

Para salaf dahulu orang-orang yang jeli terhadap suatu urusan, sebab itu mereka sangat menjaga diri dari pemberian para penguasa. 

๐Ÿ”ด Mereka berkata, "Tidaklah para penguasa memberi kepada kita hadiah melainkan untuk membeli agama kita lalu menukarnya dengan dunia mereka."

Oleh sebab itu tidak sepatutnya seorang alim menerima hadiah dari penguasa yakni bila maksud pemberian itu diketahui untuk memanfaatkan dirinya.

Adapun jika penguasa itu mengumpulkan hartanya dengan cara yang halal dan si alim itu tidak mengambil hadiah untuk menjual agamanya maka ini sebagaimana yang disebutkan dalam hadits Muttafaq ‘alaih: HR. Al-Bukhรขri (no. 1473) dan Muslim (no. 1045 (110))

ูˆَู…َุง ุฌَุงุกَูƒَ ู…ِู†ْ ู‡َุฐَุง ุงู„ْู…َุงู„ِ ูˆَุฃู†ْุชَ ุบَูŠْุฑُ ู…ُุดْุฑِูٍ ูˆَู„ุงَ ุณَุงุฆِู„ٍ، ูَุฎُุฐْู‡ُ، ูˆَู…َุง ู„َุง، ูَู„ุงَ ุชُุชْุจِุนْู‡ُ ู†َูْุณَูƒَ

"Harta yang datang kepadamu, sementara engkau tidak mengharapkan kedatangannya dan tidak juga memintanya, maka ambillah. Dan apa-apa yang tidak (diberikan kepadamu), maka jangan memperturutkan hawa nafsumu (untuk memperolehnya)."

๐Ÿ“Œ Tujuan Sufyan ats-Tsawri menyampaikan hal tersebut sesungguhnya sebagai peringatan sekaligus penyesalan atas pengalaman yang beliau lakukan." 

๐Ÿ“š Syarh Hilyah Thalibil 'Ilmi hlm. 20


https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid02nKLvPS9fd9N2cdG1QjRyM5WpF1YoQDJHyNF3Qta8QuHgGnqrGy8Rdv72YqnnrvLzl&id=100001764454087

...............

©️ Share Yuk!

Join Telegram Channel 

https://t.me/manhajulhaq

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive