Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Wednesday, August 2, 2023

Tolong Do'akan Saya..

Tolong Do'akan Saya..
Bismillah...

Ada sebagian orang, ketika memberi sesuatu kepada orang lain atau kepada faqir miskin, mereka mengatakan, "Tolong doakan saya."

Tidak perlu perkataan ini diucapkan, sama saja dengan orang yang memberi sesuatu dan mengharapkan balasan.

Allah Ta'ala berfirman :

وَيُطْعِمُونَ الطَّعَامَ عَلَى حُبِّهِ مِسْكِينًا وَيَتِيمًا وَأَسِيرًا. إِنَّمَا نُطْعِمُكُمْ لِوَجْهِ اللَّهِ لَا نُرِيدُ مِنْكُمْ جَزَاءً وَلَا شُكُورًا 

"Dan mereka memberikan makanan yang disukainya kepada orang miskin, anak yatim, dan orang yang ditawan. Sesungguhnya kami memberi makanan kepadamu hanyalah untuk mengharapkan keridaan Allah, kami tidak menghendaki balasan dari kamu dan tidak pula (ucapan) terima kasih". (Surah Al Insan 8-9).

Berkata Ibnu Taimiyyah rahimahullah :

ومن طلب من الفقراء الدعاء أو الثناء خرج من هذه الآية

Barangsiapa yang meminta didoakan oleh orang miskin atau meminta dipuji, maka keluar dari maksud ayat ini.” (Majmu’ Fatawa 11/111).

Berkata Ibnu Katsir rahimahullah :

أي : رجاء ثواب الله ورضاه ( لا نريد منكم جزاء ولا شكورا ) أي : لا نطلب منكم مجازاة تكافئونا بها ولا أن تشكرونا عند الناس .

Yakni kami lakukan hal ini hanyalah karena mengharapkan pahala dan ridha Allah Subhanahu wa Ta'ala semata.

{لَا نُرِيدُ مِنْكُمْ جَزَاءً وَلا شُكُورًا}

Kami tidak menghendaki balasan dari kamu dan tidakpula (ucapan) terima kasih. (Al-Insan: 9)

Kami tidak menginginkan dari kamu balasan yang kamu berikan kepada kami sebagai imbalannya, dan tidak pula pujianmu di kalangan orang lain.

قال مجاهد وسعيد بن جبير : أما والله ما قالوه بألسنتهم ، ولكن علم الله به من قلوبهم ، فأثنى عليهم به ليرغب في ذلك راغب .

Mujahid dan Sa'id ibnu Jubair mengatakan, "Demi Allah, mereka tidak mengatakannya dengan lisannya melainkan Allah mengetahui apa yang tersimpan dalam hati mereka yang ikhlas itu, maka Allah memuji mereka dengan maksud agar jejak mereka dapat dijadikan teladan bagi yang lainnya. (Tafsir Ibnu Katsir).

Cukup berikan bantuan atau sumbangannya, jangan mengharapkan balasan, termasuk minta di doakan atau pujian. Nanti kalau dia berdoa ketika kita tidak ada, doa itulah yang akan terkabulkan.

Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam bersabda :

دَعْوَةُ الْمَرْءِ الْمُسْلِمِ لأَخِيْهِ بِظَهْرِ الْغَيْبِ مُسْتَجَابَةٌ عِنْدَ رَأْسِهِ مَلَكٌ مُوَكَّلٌ. كُلَّمَا دَعَا ِلأَخِيْهِ بِخَيْرٍ، قَالَ الْمَلَكُ الْمُوَكَّلُ بِهِ: آمِيْنَ. وَلَكَ بِمِثْلٍ

Doa seorang muslim untuk saudaranya yang dilakukan tanpa sepengetahuan orang yang didoakannya adalah doa yang akan mustajab. Pada kepalanya ada malaikat yang menjadi wakil baginya. Setiap kali dia berdoa untuk saudaranya dengan sebuah kebaikan, maka Malaikat tersebut berkata: ‘Aamiin dan engkau pun mendapatkan apa yang ia dapatkan.” (Riwayat Muslim).


https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid0ggaaNLT2kE3N5S9fRuvhoQ5xuRgvrc7kFSmCnAESAFGHW36yZhaL4EdRboRyuAC8l&id=100063495759389


AFM

https://abufadhelmajalengka.blogspot.com/2020/05/tolong-doakan-saya.html

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive