Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Saturday, September 2, 2023

Apa yang Dimaksud dengan Firman Allah, "Al-Baaqiyaatus Shaalihaat"?

Apa yang Dimaksud dengan Firman Allah, "Al-Baaqiyaatus Shaalihaat"?
Bismillah...

Allah subhanahu wa ta'ala berfirman,

ٱلْمَالُ وَٱلْبَنُونَ زِينَةُ ٱلْحَيَوٰةِ ٱلدُّنْيَا ۖ وَٱلْبَٰقِيَٰتُ ٱلصَّٰلِحَٰتُ خَيْرٌ عِندَ رَبِّكَ ثَوَابًا وَخَيْرٌ أَمَلًا

"Harta dan anak-anak adalah perhiasan kehidupan dunia, tetapi "al-baaqiyaatus shaalihaat" (amalan-amalan yang saleh lagi kekal) itu yang lebih baik pahalanya di sisi Tuhanmu serta lebih baik untuk menjadi harapan." (QS. Al-Kahf: 46)

✨ Utsman bin Affan, Ibnu Abbas dan Sa’id bin Jubair mengatakan bahwa yang dimaksud "al-baaqiyaatus shaalihaat" (amalan-amalan yang saleh lagi kekal) adalah KALIMAT-KALIMAT DZIKIR seperti laa ilaaha illallaah, subhanallah, alhamdulillah, Allahu akbar, dan laa haula wa laa quwwata illaa billah.

Yaitu kalimat-kalimat dzikir yang diucapkan secara lisan sesuai petunjuk Nabi shallallahu 'alaihi wasallam yang disertai penghayatan hati didalam mengingat keagungan Allah dan kebesaran-Nya dan pengamalan anggota badan, inilah yang dimaksud "al-baaqiyaatus shaalihaat".

✍🏻 Al-'Allamah Abdurrahman bin Nashir as-Si'di rahimahullah didalam "Taisirul Karim" mengatakan,

"Al-baaqiyaatus shaalihaat" mencakup seluruh amal ketaataan yang wajib maupun yang dianjurkan, baik yang berhubungan dengan hak Allah maupun hak sesama manusia."

🤲🏻 Al-baaqiyaatus shaalihaat inilah yang sepatutnya menjadi harapan kita dan jauh lebih baik dari seluruh perhiasan dunia dan pernak-perniknya.


https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid026aN73s9W6ADotrAnYWD92aj87vSHakUXKanFeXPWQFFXNQsntL2d7a1yApfDJ2d7l&id=100001764454087


Share Yuk! | Telegram Channel | https://t.me/manhajulhaq 


Baca juga :

- https://rumaysho.com/11691-renungan-bandingan-sifat-dunia-dan-al-baqiyat-ash-shalihat.html

- https://muslim.or.id/75492-makna-al-baqiyaat-as-sholihaat.html

- https://www.sulhan.net/keutamaan-al-baqiyat-ash-sholihat

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive