Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Friday, September 1, 2023

Hijrah Kok Tambah Menderita..

Hijrah Kok Tambah Menderita..
Bismillah...

Ada orang yang hijrah dari negeri kafir ke negeri islam atau hijrah (taubat) dari maksiat, syirik dan bid'ah ke ajaran islam yang sesungguhnya, namun ternyata kehidupan dunianya sangat memprihatinkan, keluarga dan kawan dekatnya mencibir dan meninggalkannya. Kesulitan, kesusahan dan penderitaan hidup menimpanya, penghasilannya turun drastis yang tidak bisa mencukupi kebutuhan pokoknya sekalipun dan berbagai ujian dunia lainnya, akhirnya ia pun kembali ke kehidupannya semula. 

Orang yang hijrah lantas keadaannya seperti itu, ini patut dipertanyakan NIAT hijrahnya. Karena jika hijrahnya karena Allah Ta'ala, berkeinginan untuk menyelamatkan agamanya dan mengharapkan ridha Allah Ta'ala, pasti diberikan limpahkan rizki yang banyak, walaupun mungkin awal hijrahnya mengalami kesulitan, namun endingnya akan mendapatkan kemudahan-kemudahan dan harta yang melimpah. Itulah janji Allah kepada orang-orang yang berhijrah dan bertaubat. 

Allah Ta'ala berfirman, 

وَمَنْ يُهاجِرْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ يَجِدْ فِي الْأَرْضِ مُراغَماً كَثِيراً وَسَعَةً

Barang siapa berhijrah di jalan Allah, niscaya mereka mendapati di muka bumi ini tempat hijrah yang luas dan REZEKI YANG BANYAK. (An-Nisa: 100).

قوله : ( وسعة ) يعني : الرزق . قاله غير واحد ، منهم : قتادة ، حيث قال في قوله : ( يجد في الأرض مراغما كثيرا وسعة ) إي ، والله ، من الضلالة إلى الهدى ، ومن القلة إلى الغنى

Firman Allah Subhanahu wa Ta'ala: (dan rezeki yang banyak). Yakni rezeki yang berlimpah.

Banyak ulama —antara lain ialah Qatadah— mengatakan sehubungan dengan firman-Nya: niscaya mereka mendapati di muka bumi ini tempat hijrah yang luas dan rezeki yang banyak. (An-Nisa: 100). Allah (yang menyelamatkannya) dari kesesatan menuju jalan hidayah, dan dari sedikit (harta) (kemiskinan) kepada KECUKUPAN (kekayaan). (Tafsir Ibnu Katsir). 

Berkata Syekh As Sa'di rahimahullah, 

هذا في بيان الحث على الهجرة والترغيب، وبيان ما فيها من المصالح، فوعد الصادق في وعده أن من هاجر في سبيله ابتغاء مرضاته، أنه يجد مراغما في الأرض وسعة، فالمراغم مشتمل على مصالح الدين، والسعة على مصالح الدنيا.

Ayat ini sebagai suatu penjelasan sebagai suatu anjuran dan dorongan untuk berhijrah dan penjelasan tetang kemaslahatan yang terkandung di dalamnya, dan Allah Yang Maha menepati janji itu telah menjajikan bahwa barang siapa yang berhijrah kejalanNya dengan hanya mengharap keridhaanNya, ia akan mendapatkan tempat yang luas dan REZEKI YANG MELIMPAH, tempat yang luas itu mencakup kemaslahatan-kemaslahatan agama, dan rizki yang melimpah mencakup kemaslahatan-kemaslahatan dunia. (Tafsir As Sa'di). 

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda ;

إِنَّكَ لَنْ تَدَعَ شَيْئاً لِلَّهِ عَزَّ وَجَلَّ إِلاَّ بَدَّلَكَ اللَّهُ بِهِ مَا هُوَ خَيْرٌ لَكَ مِنْهُ

Sesungguhnya jika engkau meninggalkan sesuatu karena Allah, niscaya Allah akan memberi GANTI padamu dengan yang lebih baik bagimu (HR Ahmad. Berkata Syaikh Syu’aib Al Arnauth : Sanad Hadits Shahih).

Ibnu Katsir rahimahullah berkata tentang firman Allah Ta'ala:

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا. يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا. وَيُمْدِدْكُمْ بِأَمْوَالٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَلْ لَكُمْ جَنَّاتٍ وَيَجْعَلْ لَكُمْ أَنْهَارًا

Maka aku katakan kepada mereka: "Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai". (QS. Nuh : 10-12).

أَيْ إِذَا تُبْتُمْ إِلَى اللَّه وَاسْتَغْفَرْتُمُوهُ وَأَطَعْتُمُوهُ كَثُرَ الرِّزْق عَلَيْكُمْ وَأَسْقَاكُمْ مِنْ بَرَكَات السَّمَاء وَأَنْبَتَ لَكُمْ مِنْ بَرَكَات الْأَرْض وَأَنْبَتَ لَكُمْ الزَّرْع وَأَدَرَّ لَكُمْ الضَّرْع وَأَمَدَّكُمْ بِأَمْوَالٍ وَبَنِينَ أَيْ أَعْطَاكُمْ الْأَمْوَال وَالْأَوْلَاد وَجَعَلَ لَكُمْ جَنَّات فِيهَا أَنْوَاع الثِّمَار وَخَلَّلَهَا بِالْأَنْهَارِ الْجَارِيَة بَيْنهَا هَذَا مَقَام الدَّعْوَة بِالتَّرْغِيبِ ثُمَّ عَدَلَ بِهِمْ إِلَى دَعَوْتهمْ بِالتَّرْهِيبِ

"Makna-nya, jika kalian BERTAUBAT kepada Allah, meminta ampun kepadaNya dan kalian senantiasa mentaatiNya niscaya Ia akan MEMBANYAKKAN RIZKI kalian dan menurunkan air hujan serta kebarokahan dari langit, mengeluarkan untuk kalian barokah dari bumi, menumbuhkan tumbuh-tumbuhan untuk kalian, melimpahkan air susu perahan untuk kalian, mem-banyakkan harta dan anak-anak untuk kalian, menjadikan kebun-kebun yang di dalamnya bermacam-macam buah-buahan untuk kalian serta mengalirkan sungai-sungai di antara kebun-kebun itu (untuk kalian)." (Tafsir Ibnu Katsir).


https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid0frYYmobKgjEsq5w8ahAN8g2dnFz4jcHnw6JfCLXWLJNGLS1KtA1EWx2T6wEvgmmpl&id=100009878282155


AFM

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive