Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Friday, September 29, 2023

Jangan Biarkan Bid'ah Tumbuh Berkembang

Jangan Biarkan Bid'ah Tumbuh Berkembang
Bismillah...

AHLUL MAULID dari kalangan orang awamnya dan tokoh-tokohnya gencar sosialisasi dan menyebarkan tentang keutamaan mengadakan perayaan MAULID, baik di media elektronik, media sosial, mimbar-mimbar dan dalam setiap kesempatan. Seharusnya para ustadz dan ikhwah yang sudah mengenal SUNNAH, lebih gencar lagi menjelaskan tentang BID'AHnya perayaan MAULID NABI. 

Karena apabila satu BID'AH tumbuh, maka akan mematikan satu SUNNAH. Dan apabila cahaya SUNNAH menyinari, maka kabut BID'AH akan menyingkir. Untuk itu, sebarkan terus matahari SUNNAH, agar kabut tebal BID'AH semakin sirna dan hilang.

Berkata Ibnul Qayyim rahimahullah :

إذا طلعت شمس السنة في قلب العبد قطعت من قلبه ضباب كل بدعة (الإمام ابن القيم، مدارج السلكين 374/1)

Jika telah terbit matahari SUNNAH di dalam hati seorang hamba, maka kabut segala BID'AH akan menyingkir dari hatinya.” (Madarij Salikin, 1/374).

Berkata Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma :

مَا يأَتَى عَلَى النَّاسِ عَامٌ إِلا أَحْدَثُوا فِيهِ بِدْعَةً، وَأَمَاتُوا فِيهِ سُنَّةً، حَتَّى تَحْيَى الْبِدَعُ، وَتَمُوتَ السُّنَن

Tidaklah setiap tahun datang atas manusia, melainkan mereka mengadakan BID'AH padanya dan mereka mematikan SUNNAH, sehingga yang hidup adalah BID'AH dan SUNNAH akan mati.” (Al Ibanah Kubro Ibnu Bathah).

Berkata Hasan bin ‘Athiyah rahimahullah:

ما ابتدع قوم بدعة في دينهم إلا نزع الله من سنتهم مثلها ولا يعيدها إليهم إلى يوم القيامة

Tidaklah suatu kaum melakukan BID'AH dalam urusan agama mereka, melainkan Allah akan mencabut suatu SUNNAH yang semisal dari lingkungan mereka. Allah tidak akan mengembalikan SUNNAH itu kepada mereka sampai kiamat” (Lammud Durril Mantsur, hal. 21).


https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid02o2kzGyWkY6b9QYkScaYkqtjJ1auxDHfHff8v3g1b7umHd9ZGMUHVq8FYdy6nBaSol&id=100009878282155


AFM

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive