Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Saturday, September 30, 2023

Lima Perkara..

Bismillah...

๐ŸŒด๐ŸŒด๐ŸŒด

Dari Jabir bin Abdillah rodhiyallahu ‘anhu,

ุนู† ุฌุงุจุฑ ุจู† ุนุจุฏ ุงู„ู„ู‡ ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ู…ุง ุฃู†ّ ุงู„ู†ุจูŠَّ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ู‚ุงู„ :

Bahwasanya Nabi shollaallahu ‘alayhi wasallam bersabda,

«ุฃُุนْุทِูŠุชُ ุฎู…ุณุง، ู„ู… ูŠُุนْุทَู‡ُู†َّ ุฃุญุฏ ู‚ุจู„ูŠ: ู†ُุตِุฑْุชُ ุจุงู„ุฑุนุจ ู…ุณูŠุฑุฉ ุดู‡ุฑ، ูˆุฌُุนِู„َุช ู„ูŠ ุงู„ุฃุฑุถ ู…ุณุฌุฏุง ูˆุทَู‡ُูˆุฑุง، ูุฃَูŠَّู…َุง ุฑุฌู„ ู…ู† ุฃู…ุชูŠ ุฃุฏุฑูƒุชู‡ ุงู„ุตู„ุงุฉ ูَู„ْูŠُุตَู„ِّ، ูˆุฃُุญِู„َّุช ู„ูŠ ุงู„ู…ุบุงู†ู…، ูˆู„ู… ุชุญู„َّ ู„ุฃุญุฏ ู‚ุจู„ูŠ، ูˆุฃُุนْุทِูŠุชُ ุงู„ุดูุงุนุฉ، ูˆูƒุงู† ุงู„ู†ุจูŠ ูŠُุจْุนَุซُ ุฅู„ู‰ ู‚ูˆู…ู‡ ุฎุงุตุฉ، ูˆุจُุนِุซุชُ ุฅู„ู‰ ุงู„ู†ุงุณ ุนุงู…َุฉ».

Aku diberikan oleh Allah lima yang tidak pernah diberikan kepada seorangpun dari Nabi sebelumku,

▶️ Yang pertama, aku ditolong oleh Allah dengan rasa takut (di hati musuh) sebulan perjalanan jauhnya.

▶️ Yang ke 2, dijadikan bumi itu sebagai tempat sholat dan sebagai tempat bersuci. Maka siapapun dari ummatku yang mendapatkan waktu sholat hendaklah ia sholat dimanapun.

▶️ Yang ke 3, dihalalkan kepadaku ghonimah dan tidak dihalalkan untuk seorangpun sebelumku.

▶️ Yang ke 4, aku diberikan oleh Allah syafa’at.

▶️ Yang ke 5, Nabi sebelumku diutus hanya kepada kaumnya saja. Sedangkan aku diutus kepada seluruh manusia..

[HR. Bukhari, no. 438 dan Muslim, no. 521, 523]

๐ŸŒด๐ŸŒด๐ŸŒด

Hadits Ini menunjukkan :

1️⃣ Disyari’atkannya menceritakan nikmat-nikmat Allah subhanaahu wata’ala, bukan untuk berbangga-bangga tapi untuk memperlihatkan nikmat Allah subhanaahu wata’ala sebagai rasa syukur.

Sebagaimana Allah ber-firman juga dalam Qs. Dhuha ayat 11,

ูˆَุงَู…َّุง ุจِู†ِุนْู…َุฉِ ุฑَุจِّูƒَ ูَุญَุฏِّุซْ

Adapun dengan nikmat Robb-Mu maka ceritakanlah..

2️⃣ Keutamaan Nabi Muhammad shollallaahu ‘alayhi wasallam dan ummatnya dimana diberikan kepada mereka keistimewaan yang tidak diberikan kepada nabi-nabi sebelum Rosulullah shollallaahu ‘alayhi wasallam.

3️⃣ Bahwa diantara wasilah kemenangan yaitu dijadikannya musuh-musuh itu ketakutan di hati mereka sejauh sebulan perjalanan.

4️⃣ Dalil yang menunjukkan bolehnya tayammum dengan tanah apapun yang suci, maka dimana saja kita berada kita boleh tayammum disitu kalau jika tidak mendapatkan air dan kita boleh sholat, dikecualikan tentunya tempat yang dilarang padanya untuk sholat. Seperti kuburan, demikian pula kamar mandi, demikian pula kandang unta.

ุฅِู†َّ ู‡َุฐِู‡ِ ุงู„ู…َุณَุงุฌِุฏَ ู„ุงَ ุชَุตْู„ُุญُ ู„ِุดَูŠْุกٍ ู…ِู†ْ ู‡َุฐَุง ุงู„ุจَูˆْู„ِ ูˆَู„ุงَ ุงู„ู‚َุฐَุฑِ . ุฅِู†َّู…َุง ู‡ِูŠَ ู„ِุฐِูƒْุฑِ ุงู„ู„ู‡ِ ุนَุฒَّ ูˆَุฌَู„َّ، ูˆَุงู„ุตَّู„ุงَุฉِ، ูˆَู‚ِุฑَุงุกَุฉِ ุงู„ู‚ُุฑْุขู†ِ

Sesungguhnya masjid-masjid ini tidaklah boleh ada kencing dan kotoran (najis). Masjid adalah tempat untuk berdzikir kepada Allah ‘azza wa jalla, untuk shalat, dan untuk membaca Al-Qur’an.” (HR. Muslim, no. 285)

Dari Abu Martsad Al-Ghonawi, beliau berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

ู„ุงَ ุชُุตَู„ُّูˆุง ุฅِู„َู‰ ุงู„ْู‚ُุจُูˆุฑِ ูˆَู„ุงَ ุชَุฌْู„ِุณُูˆุง ุนَู„َูŠْู‡َุง

Janganlah shalat menghadap kubur dan janganlah duduk diatasnya.” (HR. Muslim, no. 972).

Dari Jundab, ia berkata bahwa ia mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

ุฃَู„ุงَ ูˆَุฅِู†َّ ู…َู†ْ ูƒَุงู†َ ู‚َุจْู„َูƒُู…ْ ูƒَุงู†ُูˆุง ูŠَุชَّุฎِุฐُูˆู†َ ู‚ُุจُูˆุฑَ ุฃَู†ْุจِูŠَุงุฆِู‡ِู…ْ ูˆَุตَุงู„ِุญِูŠู‡ِู…ْ ู…َุณَุงุฌِุฏَ ุฃَู„ุงَ ูَู„ุงَ ุชَุชَّุฎِุฐُูˆุง ุงู„ْู‚ُุจُูˆุฑَ ู…َุณَุงุฌِุฏَ ุฅِู†ِّู‰ ุฃَู†ْู‡َุงูƒُู…ْ ุนَู†ْ ุฐَู„ِูƒَ

Ingatlah bahwa orang sebelum kalian, mereka telah menjadikan kubur nabi dan orang saleh mereka sebagai masjid. Ingatlah, janganlah jadikan kubur menjadi masjid. Sungguh aku benar-benar melarang dari yang demikian.” (HR. Muslim, no. 532).

5️⃣ Wajibnya melaksanakan sholat apabila telah masuk waktunya.

6️⃣ Dihalalkannya ghonimah untuk ummat Islam.

7️⃣ Bahwa nabi Muhammad shollallaahu ‘alayhi wasallam diistimewakan dengan syafa’at yang terbesar nanti pada hari kiamat.

8️⃣ Bahwa risalah Nabi Muhammad shollallaahu ‘alayhi wasallam itu umum, untuk seluruh manusia sedangkan para nabi sebelum Rosulullah shollaallahu ‘alayhi wasallam hanya untuk ummatnya saja.

Firman Allah,

ูˆَู…َุข ุฃَุฑْุณَู„ْู†َุงูƒَ ุฅِู„ุงَّ ูƒَุขูَّุฉً ู„ِู„ู†َّุงุณِ ุจَุดِูŠุฑًุง ูˆَู†َุฐِูŠุฑًุง ูˆَู„َูƒِู†َّ ุฃَูƒْุซَุฑَ ุงู„ู†َّุงุณِ ู„ุงَ ูŠَุนْู„َู…ُูˆู†َ

Dan Kami tidak mengutusmu, melainkan kepada umat manusia seluruhnya, sebagai pembawa berita gembira dan sebagai pemberi peringatan, tetapi kebanyakan manusia tiada mengetahui. [QS. Saba’ (34): 28]

Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

ูˆَุงู„َّุฐِูŠ ู†َูْุณُ ู…ُุญَู…َّุฏٍ ุจِูŠَุฏِู‡ِ ู„ุงَ ูŠَุณْู…َุนُ ุจِูŠ ุฃَุญَุฏٌ ู…ِู†ْ ู‡َุฐِู‡ِ ุงْู„ุฃُู…َّุฉِ ูŠَู‡ُูˆุฏِูŠٌّ ูˆَู„ุงَ ู†َุตْุฑَุงู†ِูŠٌّ ุซُู…َّ ูŠَู…ُูˆุชُ ูˆَู„َู…ْ ูŠُุคْู…ِู†ْ ุจِุงู„َّุฐِูŠ ุฃُุฑْุณِู„ْุชُ ุจِู‡ِ ุฅِู„ุงَّ ูƒَุงู†َ ู…ِู†ْ ุฃَุตْุญَุงุจِ ุงู„ู†َّุงุฑِ

Demi (Allah) Yang jiwa Muhammad di tanganNya, tidaklah seorangpun di kalangan umat ini, Yahudi atau Nashrani, mendengar tentang aku, kemudian dia mati, dan tidak beriman kepada apa yang aku diutus dengan-nya, kecuali dia termasuk para peng-huni neraka. [HR Muslim, no: 153, dari Abu Huroiroh]


Ditulis oleh, Ustadz Abu Yahya Badrusalam Lc, ุญูุธู‡ ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰

======๐ŸŒด๐ŸŒด๐ŸŒด๐ŸŒด๐ŸŒด======

๐ŸŒ https://bbg-alilmu.com/archives/64457

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive