Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Sunday, September 24, 2023

Penjual Tempe Sedekah Tanaman

Penjual Tempe Sedekah Tanaman
Bismillah...

Kemarin, saya ketemu penjual tempe langganan, beliau mengajak saya mampir ke rumahnya. Di belakang rumahnya ada kolam ikannya dan disekitarnya dipenuhi berbagai macam tanaman buah-buahan. Ada durian, rambutan, mangga, lengkeng, alpukat, cengkeh, kopi dan yang lainnya. Hobi beliau sama dengan saya, suka menanam tanaman jangka panjang. Yang ditanam satu kali, panennya berkali-kali.

Pulang dari rumahnya, saya di kasih bibit tiga buah, durian, alpukat dan rambutan. Beliau katakan, semoga sedekah tanaman ini menjadi amal jariyah. 

Yang dikatakannya, sangat betul sekali dan sesuai dalil yang ada. Bahwa menanam tanaman, kemudian dinikmati oleh manusia dan binatang-binatang, menjadi sedekah baginya. 

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَغْرِسُ غَرْسًا إِلاَّ كَانَ مَا أُكِلَ مِنْهُ لَهُ صَدَقَةً وَ مَا سُرِقَ مِنْهُ لَهُ صَدَقَةً وَ مَا أَكَلَتِ الطَّيْرُ فَهُوَ لَهُ صَدَقَةً وَ لاَ يَرْزَؤُهُ أَحَدٌ إِلاَّ كَانَ لَهُ صَدَقَةً

Tidaklah seorang muslim menanam suatu tanaman melainkan apa yang dimakan dari tanaman itu sebagai sedekah baginya, dan apa yang dicuri dari tanaman tersebut sebagai sedekah baginya dan tidaklah kepunyaan seorang itu dikurangi melainkan menjadi sedekah baginya.” (HR. Muslim).

Dan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَغْرِسُ غَرْسًا, أَوْ يَزْرَعُ زَرْعًا فَيَأْكُلَ مِنْهُ طَيْرٌ أَوْ إِنْسَانٌ أَوْ بَهِيْمَة ٌ إِلاَّ كَانَ لَهُ بِهِ صَدَقَةٌ

Tidaklah seorang muslim menanam pohon, tidak pula menanam tanaman kemudian hasil tanaman tersebut dimakan oleh burung, manusia atau binatang melainkan (tanaman tersebut) menjadi sedekah baginya.” (HR. Bukhari).

Dan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa sallam bersabda:

فَلاَ يَغْرِسُ الْمُسْلِمُ غَرْسًا فَيَأْكُلَ مِنْهُ إِنْسَانٌ وَ لاَ دَابَّةٌ وَ لاَ طَيْرٌ إِلاَّ كَانَ لَهُ صَدَقَةً إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ

Tidaklah seorang muslim menanam tanaman lalu tanaman itu dimakan manusia, binatang ataupun burung melainkan tanaman itu menjadi sedekah baginya sampai hari kiamat.” (HR. Muslim.).


https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid0fFii9mX6mE6wL25326iUNe9yzCjGW33BmTdpAXQDseydSpqbiAc8XXvxhkEThJCMl&id=100009878282155


AFM

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive