Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Tuesday, September 12, 2023

Tauhid Itu Mudah Dipahami

Tauhid Itu Mudah Dipahami
Bismillah...

Tauhid itu simpel dan mudah dipahami, jangan ditakuti atau malah ditakut-takuti.

Tauhid yang harus kita pelajari dan kita amalkan, sejatinya itu adalah mudah dipahami, dan mudah diamalkan.

Karena Tauhid itu artinya, mengesakan Allah, alias meyakini bahwa hanya Allah yang berkuasa, menciptakan, mengatur, menghidupkan, mematikan, memberi dan menguasai, memberi manfaat, menimpakan musibah, tiada tandingan bagi-Nya.

Karena hanya Allah yang kuasa melakukan semua itu, maka hanya Allah pula yang layak menjadi tujuan dari semua aktifitas anda, anda hidup untuk mengabdi, bersandar, mengharap, mengagungkan, takut dan mencintai-Nya, selanjutnya hanya imbalan-Nya yang anda nanti nantikan.

Selanjutnya untuk menyempurnakan kedua pengakuan dan kedua keyakinan di atas, anda harus mengenal secara luas, terperinci dan mendalam, apa saja nama dan sifat sifat Allah, dan apa maksud, kandungan dan aplikasi dari semua nama dan sifat sifat tersebut.

Tauhid pertama disebut TAUHID RUBUBIYAH, pengakuan akan keesaan Allah pada setiap perbuatan Allah.

Tauhid kedua disebut TAUHID ULUHIYAH, yaitu mengesakan Allah dengan setiap perbuatan dan ucapan kita.

Maksudnya adalah meyakini hanya Allahlah yang berhak diibadahi, tidak boleh mempersembahkan peribadatan kepada selain-Nya dalam bentuk ibadah lahiriyah maupun yang batin, ucapan maupun perbuatan.

Tauhid ketiga dikenal dengan TAUHID ASMA’ WA AS SIFAT.

Maksudnya mengesakan Allah dalam nama-nama-Nya yang terindah dan sifat-sifat-Nya yang termulia, yang bersumber dari Al-Qur`an dan As-Sunnah dan beriman terhadap makna-makna dan hukum-hukumnya.

Semoga bermanfaat.


Ditulis oleh, Ustadz Dr. Muhammad Arifin Badri MA, حفظه الله تعالى 

➖➖➖➖➖🍃🌹

🌐 https://bbg-alilmu.com/archives/41690

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive