Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Tuesday, October 10, 2023

Agar Tidak Meremehkan Nikmat Allah

Agar Tidak Meremehkan Nikmat Allah
Bismillah...

Apabila seseorang menginginkan jiwanya terhindar dari hasad, hidupnya tenang, hati damai, tentram dan banyak bersyukur, tidak meremehkan nikmat Allah, maka janganlah melihat dalam urusan dunia kepada orang yang diatasnya, tetapi lihatlah orang yang dibawahnya.

Contoh misalkan, kalau sudah punya rumah sendiri, walaupun rumahnya dari bilik bambu, berlantai tanah dan beratap jerami, lihatlah orang-orang yang pindah-pindah kontrakan atau tinggal di bawah jembatan, di bawah jalan tol layang atau di pembuangan sampah, agar bersyukur kepada Allah. Jangan melihat yang punya rumah batu yang megah, nanti tidak ada kesyukuran. 

Begitu pula masalah kendaraan, masalah kesehatan, bentuk fisik dan lain sebagainya, lihatlah orang-orang yang keadaannya dibawahnya. 

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda :

إِذَا نَظَرَ أَحَدُكُمْ إِلَى مَنْ فُضِّلَ عَلَيْهِ فِي الْمَالِ وَالْخَلْقِ فَلْيَنْظُرْ إِلَى مَنْ هُوَ أَسْفَلَ مِنْهُ

"Jika salah seorang diantara kalian melihat orang yang dilebihkan harta dan fisiknya, maka hendaknya dia melihat orang yang ada dibawahnya." (Riwayat Bukhari).

Dan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

انظروا إلى من هو أسفل منكم ولا تنظروا إلى من هو فوقكم ، فهو أجدر أن لا تزدروا نعمة الله عليكم

Pandanglah orang yang berada di bawahmu (dalam masalah harta dan dunia) dan janganlah engkau pandang orang yang berada diatasmu (dalam masalah ini). Dengan demikian, hal itu akan membuatmu tidak meremehkan nikmat Allah padamu.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Namun sebaliknya kalau urusan akhirat, lihatnya orang yang diatasnya, supaya berlomba untuk berbuat kebaikan sebagai bekal di akhirat.

Berkata Ibnu Hazm rahimahullah :

انظر في المال والحال والصحة إلى من هو دونك، وانظر في الدين والعلم والفضائل إلى من هو فوقك" الأخلاق والسير (ص 23)

Lihatlah pada harta, keadaan, dan kesehatan dari orang yang berada dibawahmu dan lihatlah pada agama, ilmu dan keutamaan-keutamaan kepada orang yang berada diatasmu. (Akhlak Was Siyar Fi Madawatin Nufus Hal 23).

Untuk itu, jika ada orang yang mengunggulimu didalam urusan dunia, maka kamu mengunggulinya dalam perkara akhirat, supaya hati ini tenang dan tidak gelisah melihat orang yang unggul dalam masalah dunia.

Berkata Al Hasan Al Bashri rahimahullah :

إذا رأيت الرجل ينافسك في الدنيا فنافسه في الآخرة

Apabila engkau melihat seseorang mengunggulimu dalam masalah dunia, maka unggulilah dia dalam masalah akhirat.” (Latho-if Ma’arif, hal. 268).

Al-Baghawi rahimahullah berkata,

قال أبي بن كعب: من لم يعتز بعز الله تقطعت نفسه حسرات، ومن يتبع بصره فيما في أيدي الناس طال حزنه

Berkata ‘Ubay bin Ka’ab: ‘ Barangsiapa yang tidak merasa mulia dengan kemulian dari Allah, akan memutuskan dirinya sendiri dalam kerugian. Barangsiapa yang mengikuti pandangannya terhadap apa yang ada ditangan manusia maka akan semakin bertambah kesedihannya.” (Tafsir Al-Baghawi 3/281, Dar Ihya’ At-Turats, Beirut)

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman,

وَلَا تَمُدَّنَّ عَيْنَيْكَ إِلَىٰ مَا مَتَّعْنَا بِهِ أَزْوَاجًا مِّنْهُمْ زَهْرَةَ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا لِنَفْتِنَهُمْ فِيهِ ۚ وَرِزْقُ رَبِّكَ خَيْرٌ وَأَبْقَىٰ

Dan janganlah kamu tujukan kedua matamu kepada apa yang telah Kami berikan kepada golongan-golongan dari mereka, sebagai bunga kehidupan di dunia untuk Kami uji mereka dengannya. Dan karunia Rabb-mu adalah lebih baik dan lebih kekal. “ (Thaha: 131)

Allah Ta’ala juga berfirman,

فَاسْتَبِقُوا الْخَيْرَاتِ إِلَى اللَّهِ مَرْجِعُكُمْ جَمِيعًا

Maka berlomba-lombalah berbuat kebajikan.” (QS. Al Ma’idah: 48)

وَسَارِعُوا إِلَى مَغْفِرَةٍ مِنْ رَبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا السَّمَوَاتُ وَالْأَرْضُ أُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِينَ

Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa.” (QS. Ali Imron: 133)


https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=2051101788562411&substory_index=1500774734081507&id=100009878282155


AFM

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive